Sukses

Wajib Dicoba, 4 Tips Sederhana Hindari Penggandaan ATM

Pengguna ATM kamu perlu mencoba 4 tips sederhana ini untuk menghindarkan pencurian dengan metode skimming ATM.

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan ATM ternyata tak selalu bebas dari pencurian. Terbaru, kepolisian menangkap sejumlah pelaku skimming ATM. Berdasarkan penelusuran, pelaku diketahui merupakan warga negara Bulgaria dan menjadikan Bali sebagai lokasi pencurian.

Tapi pencurian bermodus skimming ATM bisa terjadi di mana pun, termasuk di lokasi dekat kita. Siapa pun bisa menjadi korban skimming ATM.

Agar terlindung dari kejahatan semacam ini, pengguna ATM harus selalu waspada dan lebih peduli terhadap keamanan saat menggunakan ATM.

Berikut adalah 4 tips sederhana menghindari pencurian ATM dengan modus skimming dikutip Tekno Liputan6.com dari Bankrate, Senin (16/10/2017).

1. Tutupi Saat Menekan PIN ATM

Saat memencet PIN ATM, tak banyak orang yang menutupi aktivitas tersebut dengan tangan mereka. Padahal, hal ini merupakan cara sederhana untuk menyembunyikan PIN ATM dari kamera tersembunyi yang mungkin saja dipasang khusus untuk mencuri PIN ATM milik seseorang.

Nah dengan menutupi aktivitas memasukkan nomor PIN, pencuri ATM tak bisa mengakses akun kamu, sekali pun sudah memasang kamera tersembunyi.

Ilustrasi: Menutupi dengan tangan saat memencet PIN ATM.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ambil di Lokasi ATM yang Familiar

2. Pastikan Hanya Ambil Uang di ATM yang Familiar

Terkadang karena terdesak butuh uang tunai, pengguna tak berpikir dua kali untuk mengambil uang di ATM mana pun. Padahal, lokasi ATM yang tak dilengkapi dengan kamera CCTV menyimpan potensi bahaya.

Untuk itu, pastikan kamu selalu memeriksa situasi lokasi mesin ATM, apakah ada kamera CCTV yang memantaunya atau tidak.

Selain itu, menurut ahli keamanan Robert Siciliano, penjahat kerapkali memasang perangkat skimming ATM di tempat-tempat umum seperti di toko swalayan, bandar udara, kios, atau restoran.

Untuk itu, dia menyarankan agar pengguna membatasi kunjungan ke mesin ATM dan lebih baik mengambil uang dalam jumlah lebih agar tidak harus selalu ke mesin ATM untuk mengambil uang.

CCTV merekam aksi anggota sindikat kejahatan siber internasional memasang alat skimming di sebuah ATM di Surabaya, Jawa Timur

 

3 dari 4 halaman

Teratur Cek Saldo Rekening

3. Cek Saldo Rekening dengan Teratur

Untuk memastikan kamu tidak menjadi korban pencurian ATM, kamu bisa melakukan langkah sederhana yakni teratur mengecek saldo di rekening.

Jika ada transaksi yang tidak dilakukan tetapi saldo rekening kamu berkurang, segeralah melapor. Kalau kamu tidak melakukan pengecekan, tentu tak akan ketahuan kalau kamu telah menjadi korban pencurian.

Ilustrasi: Buku Rekening

4 dari 4 halaman

Periksa Mesin ATM

4. Periksa Mesin ATM Sebelum Tarik Tunai

Seorang Analis Pengendalian Risiko dan Kecurangan, Robert Vamosi, memperingatkan pengguna untuk terlebih dahulu mengecek mesin ATM sebelum melakukan transaksi tarik tunai.

Ia menyebut, pengguna harus memastikan apakah slot kartu ATM tidak dipasangi alat skimming ATM.

"Jika ATM susah dimasukkan ke mesin, kemungkinan ada hal yang tak beres. Coba cari mesin ATM lain," katanya.

Ilustrasi: Skimming ATM

Bagaimana, cara di atas cukup sederhana untuk dilakukan bukan? Jangan lupa dicoba ya agar ATM kamu bebas dari penggandaan dan pencurian.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.