Sukses

Catat, Ini 8 Tempat Terlarang Pakai Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone sudah menjadi senjata andalan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Mulai bisa dimanfaatkan untuk bekerja, memesan makanan, order transportasi online hingga transaksi perbankan.

Maka tak heran, banyak dari kita yang merasa panik jika smartphone tertinggal di rumah. Sebagian dari kita mungkin lebih memilih tidak ketinggalan dompet ketimbang smartphone.

Namun sayang, hidup kita seakan bergantung pada smartphone sehingga sering salah waktu atau tempat ketika menggunakan perangkat komunikasi tersebut. Bahkan, saat berada di tempat yang melarang penggunaan smartphone, sebagian dari kita mengesampingkan hal tersebut.

Untuk mengingatkan kembali, berikut 8 (delapan) tempat terlarang yang dianjurkan untuk tidak menggunakan smartphone.

1. Pom Bensin

Tempat paling umum yang terlarang untuk menggunakan smartphone adalah pom bensin. Kamu tentunya sudah tahu hal ini bukan? Karena memang sudah ada larangan tertulis saat masuk area ini.

Bahkan tak jarang bila kamu ketahuan menggunakan smartphone di pom bensin, maka akan ditegur langsung oleh karyawan yang bertugas di sana.

2. Mobil Saat Jadi Sopir

Saat kamu mengendarai mobil, selalu fokuskan pandangan kamu ke jalan. Jangan sesekali kamu chatting pakai smartphone sambil berkendara, karena akan mengalihkan pandangan dan konsentrasi kamu.

Bukan tidak mungkin saat asyik menyetir tiba-tiba ada kendaraan lain di depan. Risiko kecelakaan akan semakin besar jika kamu mengendarai mobil sambil menggunakan smartphone.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemakaman

3. Toilet

Kamu sering menggunakan smartphone di toilet? Jika demikian, jangan ulangi lagi aktivitas ini karena smartphone kamu akan dipenuhi bakteri.

Bayangkan bila kamu menggunakan barang yang banyak terkontaminasi bakteri saat makan, menelepon, dan lainnya. Sangat tidak menyehatkan, bukan?

4. Upacara Pemakaman

Jangan sekali-kali kamu menggunakan smartphone saat menghadiri upacara pemakaman. Bersimpatilah. Menggunakan smartphone bisa jadi memancing kamu ketawa dan senyum-senyum sendiri jika ada hal lucu yang ditampilkan di smartphone kamu.

Tentu hal ini akan menyakiti perasaan keluarga yang sedang berkabung. Ingat, kamu juga jangan melakukan selfie dalam suasana berkabung.

3 dari 4 halaman

Sekolah

5. Tempat Kencan

Di depan kamu ada pacar yang begitu ganteng atau cantik, masa kamu malah asyik main smartphone? Hargai pasangan kamu dengan mengobrol langsung dan bertukar pikiran.

Lebih baik kamu layangkan kata-kata gombal ke pacar kamu daripada asyik mengecek timeline Twitter dan unggahan di Instagram saat lagi bersama pacar.

6. Kelas Saat Ada Guru

Buat kamu para pelajar, jangan membuka smartphone selama jam pelajaran berlangsung. Hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas belajar mengajar?

Jika tetap nekat, smartphone kamu pasti akan disita guru. Plus dapat poin minus sehingga akan mempengaruhi nilai kamu. 

4 dari 4 halaman

Tempat Umum

7. Bioskop

Sebelum film yang akan kamu tonton dimulai, selalu ada peringatan untuk tidak menggunakan smartphone di dalam bioskop.

Karena ruangan bioskop dibuat gelap dan sunyi, cahaya dan suara yang dihasilkan dari penggunaan smartphone akan mengganggu konsentrasi orang lain yang juga sedang menonton. Hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir adanya proses merekam film menggunakan smartphone.

8. Tempat Umum

Larangan menggunakan smartphone di tempat umum berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan pribadi. Banyakya orang yang lalu-lalang di jalan raya atau mal tentu membuat penggunaan smartphone jadi terganggu.

Selain itu, di tengah kerumunan orang banyak, bukan tidak mungkin ada orang jahat yang berniat untuk mencuri. Sebaiknya simpan smartphone di dalam saku atau tas saat berada di tempat umum.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.