Sukses

Ini 5 Fitur Smartphone yang Wajib Dipakai Saat Berlibur

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone dengan berbagai fiturnya kian mempermudah aktivitas. Bukan hanya fitur untuk telepon dan SMS, tapi juga ada sejumlah fitur lain yang diperlukan tidak hanya untuk bekerja, tapi juga berlibur.

Fitur-fitur ini biasanya memang tidak begitu diperlukan ketika berada di rumah atau tempat kerja. Namun akan sangat terasa manfaatnya ketika sedang bepergian.

Nah, ada lima fitur yang bisa membuat smartphone lebih berguna dan diandalkan selama berlibur. Semua fitur ini mungkin tidak bisa ditemui dalam satu smartphone, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran tentang fungsi smartphone yang akan bermanfaat selama berlibur.

Berikut lima fitur tersebut seperti dilansir Trip Savvy, Minggu (22/10/2017):

1. Baterai tahan lama

Daya tahan baterai akan terasa lebih penting saat sedang bepergian atau berlibur. Pasalnya ketika berlibur, smartphone akan sering digunakan untuk navigasi, memotret, merekam video dan berbagai hal lainnya. Alhasil, daya tahannya menjadi lebih cepat habis.

Coba cari kapasitas baterai tahan lama dengan penggunaan normal. Misalnya bisa tahan seharian atau setengah hari tanpa harus diisi ulang.

Namun perlu diingat bahwa seberapa panjang daya tahan baterai, diperlukan waktu lebih dari satu jam untuk mengisi kembali baterai. Untuk mempersingkat waktu, teknologi fast charging pada smartphone bisa menjadi jalan keluarnya.

Saat ini sudah ada sejumlah smartphone yang dilengkapi dengan teknologi tersebut, sehingga hanya diperlukan waktu selama 10 menit atau satu jam untuk membuat daya baterai kembali penuh.

1 dari 3 halaman

Dual SIM

2 dari 3 halaman

Smartphone Tahan Air

2. Tahan air dan debu

Saat bepergian tentu kemungkinan smartphone menjadi kotor atau terkena siraman air menjadi lebih besar. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membeli smartphone yang memilliki ketahanan terhadap air dan debu.

Smartphone dengan fitur semacam ini ada banyak di pasaran. Kalian bisa memilih sesuai dengan biaya yang ada.

3. Memori tambahan

Smartphone saat ini digunakan untuk menyimpan berbagai data, khususnya foto dan video. Oleh karena itu, dibutuhkan media penyimpanan yang besar.

Jika kalian termasuk pengguna smartphone yang suka memotret dan merekam video, maka memori internal 16GB atau 32GB tidak akan cukup. Jalan keluarnya, beli smartphone yang memiliki slot untuk kartu micro-SD. Ketika memori internal sudah habis, kalian masih bisa menyimpan data seperti foto dan video di dalam micro-SD tersebut.

4. Dual SIM

Saat ini banyak smartphone yang meluncur dengan fitur Dual SIM. Fitur ini sangat banyak ditemui di pasar Asia, tapi kini juga sudah mulai bermunculan di Amerika Serikat (AS).

Fitur ini sangat berguna saat sedang berlibur. Misalnya satu slot digunakan untuk kartu SIM lokal, sedangkan yang lain untuk kartu SIM lain ketika berada di luar negeri.

5. Kamera dengan OIS

Para vendor smartphone terus meningkatkan kualitas kamera, termasuk dengan menghadirkan fitur-fitur pendukung. Salah satunya adalah Optical Image Stabilization (OIS), yang berfungsi membuat hasil foto lebih stabil.

Fitur ini bisa dikatakan menjaga lensa tetap stabil untuk meminimalisir efek getaran atau goncangan saat mengambil foto. Fitur ini membutuhkan hardware khusus, sehingga biasanya tidak ada pada smartphone murah.

Nah, jika kalian sering bepergian termasuk untuk berlibur, kelima fitur ini diperlukan untuk membuat fungsi smartphone lebih maksimal. Lima fitur ini mungkin tidak bisa ditemui di dalam satu model perangkat, tapi setidaknya bisa menjadi pertimbangan ketika membeli sebuah smartphone.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Fitur Populer Smartphone yang Terlupakan
Artikel Selanjutnya
8 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy Note 8