Sukses

Tips Dongkrak Performa RAM Agar Android Kamu Nggak Lemot

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja smartphone yang lemot tentu jadi persoalan tersendiri bagi penggunanya. Salah satu penyebab terbesar kinerja Android lemot adalah RAM (Random Access Memory) yang kapasitasnya terbatas.

Misalnya saja jika kapasitas RAM smartphone 1GB. Dibanding smartphone berkapasitas RAM di atasnya, pengguna pasti merasakan perangkatnya lebih lambat saat membuka banyak aplikasi.

Nah, bagaimana cara meningkatkan kinerja RAM tanpa harus berganti smartphone? Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan aplikasi Smart Booster.

Aplikasi ini mampu menambah dan memaksimalkan penggunaan RAM, juga menghentikan background proses aplikasi-aplikasi yang mengonsumsi RAM.

Cara penggunaan Smart Booster

1. Pertama kamu bisa mengunduh dan memasang aplikasi Smart Booster - Free Cleaner di Android. Aplikasi ini bisa diunduh ditoko aplikasi Google.

Aplikasi Smart Booster yang mampu

2. Setelah terpasang, buka aplikasi Smart Booster, kemudian kamu bisa memilih Start Now. Untuk mulai pelepasan RAM, kamu bisa menekan ikon Roket.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tambah Lebih Banyak RAM

3. Untuk melepaskan lebih banyak RAM, kamu bisa masuk ke menu Setting lalu pilih menu RAM Boost dan ubah Boost Level menjadi Aggressive.

Melepaskan lebih banyak RAM (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

4. Agar pelepasan RAM lebih maksimal, kamu bisa masuk ke menu RAM Boost, checklist Boost When Screen Off, lalu mengubah pilihan Delay to Boost When Screen Off menjadi Immediately.

Meningkatkan RAM saat layar dalam kondisi mati (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

 

3 dari 3 halaman

Tambah RAM Otomatis

5. Kalau kamu enggan melakukan pelepasan RAM terus menerus, kamu bisa memilih Boost otomatis, yakni dengan men-checklist opsi Boost Automatically dan ubah RAM Threshold (MB) menjadi 100MB dan mengatur Boost Interval-nya menjadi lima menit atau sesuai yang diinginkan.

Meningkatkan RAM otomatis (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan boost manual jika kinerja smartphone dirasa lebih lambat.

Bagaimana, cukup mudah dilakukan bukan? Jika merasa RAM smartphone cepat habis dan smartphone kian lemot kamu bisa mencoba tips di atas ya.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.