Sukses

NASA Akui Keberadaan si Misterius Planet 9 di Tata Surya

Liputan6.com, Jakarta - Setelah banyak spekulasi dan teori beredar mengenai eksistensi planet 9 atau planet Nine, NASA akhirnya mengakui bahwa planet tersebut betul-betul ada.

Bahkan NASA mengklaim pihaknya telah mengetahui lokasi terebut di Tata Surya dan tengah mengumpulkan sejumlah bukti untuk memperkuat penemuannya itu.

Seperti dilaporkan Tech Times, Rabu (18/10/2017), badan antariksa Amerika Serikat (AS) ini juga menepis teori konspirasi yang menyebutkan bahwa planet Nine bakal menabrak Bumi.

Sekadar diketahui, planet Nine telah menjadi perdebatan hangat di kalangan pakar antariksa sejak 2014. Ada teori yang menyebutkan bahwa planet Nine berada di ujung Tata Surya dan berpotensi menabrak Bumi. 

Teori ini juga meyakini bahwa planet Nine berukuran raksasa, yakni empat kali dari Bumi dengan massa 10 kali lipat. Sayang, tak ada yang betul-betul bisa mendeteksi keberadaan planet Nine. Hal ini kian memperkuat bahwa planet ini sebetulnya tidak pernah ada.

Kini NASA telah memiliki sejumlah bukti kuat yang dapat memastikan langsung letak planet ini. "Ada lima hal berbeda dari bukti observatif yang mengarah pada eksistensi planet Nine," ungkap Caltech Planetary Astrophysicist, Konstantin Batygin. 

Sejumlah bukti-bukti berada dalam jurnal yang ia buat bersama rekannya dan telah diterbitkan pada Januari 2016 silam. 

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Black Hole Raksasa Ditemukan di Bima Sakti, Pintu Dimensi Lain?
Artikel Selanjutnya
Asteroid Terbesar yang Pernah Terdeteksi Melintas Dekat Bumi