Sukses

Urun Dana Pesawat R80 Karya BJ Habibie Capai Rp 2,6 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Crowdfunding atau urun dana untuk Pesawat R80 di situs web Kitabisa.com mencapai tonggak sejarah baru, di mana berhasil meraih dana sebesar Rp 2.645.055.011 dari 7.063 orang donatur padal pukul 14.00 WIB, Selasa (17/10/2017).

Torehan ini sekaligus menjadi rekor terbaru dalam crowdfunding non sosial di Indonesia. Dana yang disumbangkan donatur bermacam-macam, mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 500 juta.

Pesawat R80 sendiri murni buatan Indonesia. Arsiteknya adalah BJ Habibie, disponsori oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang didirikan oleh Presiden RI ke 3 BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie.

RAI khusus mengembangkan pesawat udara R80, untuk menjawab kebutuhan angkutan udara regional di Indonesia dan pasar internasional.

Mengutip laman Kitabisa, total biaya pembuatan prototipe pesawat R80 mencapai lebih dari Rp 200 miliar. Sementara keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai US$ 1,6 miliar atau sekitar Rp 20 triliun.

Uang sebesar itu sedang digalang baik secara langsung melalui investment bankers, maupun dicarikan oleh pemerintah dalam hal ini BAPPENAS.

Mengenai crowdfunding ini nilai utamanya bukan di jumlah donasi, tapi sebagai bukti dukungan atas kebangkitan teknologi Indonesia.

(Isk/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.