Sukses

Cara Pintar Cegah Jadi Korban Kejahatan di ATM

Liputan6.com, Jakarta - Aksi kriminal yang menyasar pengguna ATM tak pernah benar-benar selesai. Setiap tahun selalu ada laporan aksi pencurian yang menjadikan ATM sebagai sasaran empuk para pelaku kejahatan.

Sejumlah modus pun kerap dilakukan para pelaku tersebut, mulai dari melakukan skimming ATM hingga modus penipuan lainnya. Bahkan, beberapa laporan menyebut kasus semacam ini sempat meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Indonesia sendiri, menurut data Europol, menjadi peringkat ketujuh dalam daftar lokasi favorit para pelaku tindak skimming ATM. Kendati demikian, bukan berarti tak ada yang dapat dilakukan para pengguna ATM untuk melindungi dirinya.

Sebenarnya, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan agar terhindar menjadi sasaran korban aksi kriminal menggunakan ATM. Untuk itu, berikut ada tiga langkah mencegah dari korban pencurian uang lewat ATM seperti dikutip dari Market Watch, Kamis (19/10/2017).

1. Periksa lokasi ATM

Selalu perhatikan lokasi ATM yang akan digunakan. Untuk proses yang lebih aman tak ada salahnya memakai ATM di daerah yang terbuka dan cukup ramai.

Bahkan kalau memungkinkan, pilih ATM yang berada di dekat bank dan ada petugas keamanan di sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah aksi kriminalitas yang mungkin dapat terjadi, termasuk apabila ada kendala di mesin.

1 dari 3 halaman

2. Cek ATM sebelum melakukan transaksi

Mengingat banyak aksi kejahatan di ATM melibatkan mesin secara langsung, tak ada salahnya memeriksanya sebelum mengambil uang. Salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah slot untuk memasukkan kartu dan tombol untuk PIN.

Apabila dirasa ada perbedaan dari mesin yang biasanya, kamu dapat langsung berganti tempat untuk mengambil uang. Jika ada petugas keamanan di sekitarmu, sebaiknya segera laporkan untuk memastikan keanehan tersebut.

2 dari 3 halaman

3. Cek rekening secara berkala

Selalu lakukan pemeriksaan di akun perbankanmu secara berkala untuk memastikan tak ada transaksi mencurigakan. Apabila menemukan transaksi yang tak seharusnya, kamu segera melapor ke bank bersangkutan.

Selain itu, tak ada salahnya untuk mengaktifkan notifikasi apabila ada transaksi dengan nilai tertentu di akunmu. Lewat cara ini, setidaknya kamu dapat memantau seluruh transaksi yang hilir mudik di rekeningmu.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Pura-Pura Jadi Driver Ojek Online, Sindikat Ini Curi Senpi Polisi
Artikel Selanjutnya
Polisi Surabaya Fokus Usut Rampok Modus Pecah Kaca