Sukses

Telkom dan Taspen Bersinergi Hadirkan Pembayaran Pensiun Digital

Telkom dan Persero resmi bersinergi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi layanan pembayaran pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Taspen (Persero) resmi bersinergi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi pada pelayanan pembayaran pensiun untuk B2B (businees-to-business). 

Untuk itu, Telkom dan Taspen menandatangani perjanjian kerja sama pada Selasa (17/10/2017) malam yang dilakukan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan Direktur Umum Taspen Bagus Rumbogo yang disaksikan Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro.

Dalam sambutannya, Dian mengatakan kerja sama ini guna mendukung peningkatan kualitas layanan terhadap para pensiunan. "Sebagai BUMN yang punya kompetensi di bidang ICT, mulai dari cloud, managed service, data center, hingga satelit, kami siap dukung revolusi digital Taspen dalam jangka pendek hingga panjang," paparnya.

Sementara itu, Iqbal menambahkan, kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan data pensiunan yang valid. "Kami harap ini menjadi solusi terbaik dan menjadi pembuktian penerima pensiun masih hidup. Hal ini memudahkan proses monitoring dan menghindari terjadinya fraud," tuturnya.

"Kami harap sinergi dan dukungan Telkom Group kepada Taspen dapat memberikan layanan terbaik dan dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan," pungkas Iqbal.

Adapun kerja sama ini dilakukan dalam bentuk penerapan Taspen Smartcard dan pengembangan sistem e-New Dapem. Taspen Smartcard berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun berbasis data biometrik dan berfungsi sebagai kartu ATM dan debit.

Penerapan Taspen Smartcard didukung oleh sistem aplikasi elektronik data pembayaran e-New Dapem, yaitu pengembangan sistem e-Dapem existing yang mengintegrasikan mitra bayar dengan aplikasi melalui perangkat verifikasi/autentikasi pada mitra bayar dan peserta Taspen.

Telkom menyediakan infrastruktur ICT terintegrasi untuk mendukung penerapan Taspen Smartcard dan e-New Dapem. Selain itu, Telkom juga menyediakan peralatan pendukung pendaftaran peserta (enrollment), seperti kamera, laptop, dan scanner perekam wajah, sidik jari dan suara untuk autentifikasi data, termasuk status hidup pensiunan.

Telkom turut menyiapkan solusi digital berupa aplikasi web-based dan jaringan agar data bisa diakses secara real time dari kantor-kantor cabang Taspen dan mitra-mitra bayar Taspen, termasuk data center untuk keperluan pengelolaan database.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.