Sukses

Google Rayakan Ultah ke-107 Ilmuwan S Chandrashekar, Siapa Dia?

Liputan6.com, Jakarta - Google hari ini memajang doodle berupa animasi seorang pria dengan gambar matahari dan sebuah timbangan. Siapa sebenarnya pria tersebut dan mengapa Google menjadikannya sebagai tokoh doodle hari ini?

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Google Doodle, Kamis (19/10/2017), pria tersebut bernama Subrahmayan Chandrasekhar atau dikenal sebagai S Chandrasekhar dan hari ini merupakan perayaan ulang tahunnya yang ke-107.

Chandrasekhar merupakan seorang astrofisik--ilmuwan yang mempelajari astronomi dan segala yang berkaitan dengan fisika di jagat raya--pertama yang mendapatkan Nobel atas teori evolusi perbintangan.

Pria berdarah India-Amerika ini merupakan astrofisik yang mengamati dari mana datangnya bintang dan matahari serta ke mana kedua benda kosmik itu pergi jika hari berganti malam.

Pengamatan mengenai perbintangan ini dilakukannya sejak muda dan ia dianggap telah memecahkan sebuah misteri terbesar di dunia.

Chandrasekhar berhasil menemukan bahwa beberapa bintang besar mengalami kematian yang membuatnya kolaps, meledak, atau menghilang serta apa yang akan terjadi pada sistem tata surya jika energinya telah habis.

Hari ini Google memperingati hari ulang tahun Chandrasekhar sebagai bentuk penghormatan atas salah satu penemuan paling pentingnya, yakni pemahaman terhadap perbintangan dan evolusinya: The Chandrasekhar Limit.

Limit itu menjelaskan, saat massa sebuah bintang lebih berat dari 1,44 kali massa matahari, bintang tersebut akan kolaps dan menjadi lubang hitam atau bahkan ledakan supernova.

Chandrasekhar meninggal dunia di Chicago Amerika Serikat pada 21 Agustus 1995. Ia sangat dihormati di bidang astronomi. Selain Nobel di bidang fisika, ia bahkan mendapat penghargaan National Medal of Science, Drapel Medal of US National Academy of Science, serta medali emas Royal Astronomical Society. Selamat ulang tahun Chandrasekhar!

(Tin/)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ucapkan Selamat Ultah, Michelle Obama Berdandan ala Beyonce
Artikel Selanjutnya
Amora Ultah Ke-6, Krisdayanti Hanya Siapkan Nasi Tumpeng?