Sukses

3 Tahun Bersama Rudiantara, Ini Pencapaian Besar Kemkominfo

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara telah memimpin Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dalam tiga tahun terakhir.

Selama tiga tahun, Menkominfo berupaya mewujudkan visi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dengan membangun tol informasi. Lalu pencapaian apa saja yang telah dicapai selama tiga tahun kepemimpinannya?

Melalui keterangan resmi Kemkominfo yang dikutip Kamis (19/10/2017), Menkominfo Rudiantara mengatakan pihaknya tengah membangun infrastruktur telekomunikasi demi pemerataan layanan, misalnya layanan internet 4G.

“Saat ini kami sedang membangun Indonesia Sentris. Semua dimulai dari IT, khususnya 4G. Akhir 2015, 4G baru diluncurkan, saat ini kami mempercepat penguatan jaringan 4G yang menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia,” ujar Rudiantara.

Pembangunan infrastuktur TIK yang dilaksanakan juga diklaim telah memberikan kontribusi pada tingkat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,01 persen.

Selain pembangunan infrastruktur telekomunikasi, pada 2015 Kemkominfo melakukan penataan ulang (refarming) frekuensi internet 4G.

Dengan refarming 4G, Rudiantara menargetkan seluruh ibu kota kabupaten/kota di Indonesia bisa terhubung jaringan broadband pada 2019 dan mendorong ekonomi melalui inovasi digital.

Berdasarkan data Kemkominfo, pada 2016 jumlah base transceiver station (BTS) mencapai 25.997 yang tersebar di 58 kabupaten/kota.

Selama kurang dari setahun, pembangunan infrastruktur penyedia layanan 4G terus ditingkatkan hingga pada Juli 2017 jumlah BTS sebanyak 55.701 BTS di 297 kabupaten/kota, termasuk 17 BTS 4G yang diresmikan di Desa Tude, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur.

1 dari 2 halaman

Tingkatkan Internet 4G

Guna meningkatkan telekomunikasi terutama untuk pelanggan 4G, Kemkominfo juga melakukan lelang untuk penambahan frekuensi 2.1GHz dan 2.3GHz.

PT Telkomunikasi Selular ditetapkan sebagai pemenang penambahan kapasitas frekuensi 2.1GHz dan 2.3GHz untuk kota-kota besar. Menkominfo juga menargetkan pemerataan layanan internet 4G di Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

“BTS yang kami bangun juga akan memperkuat jaringan komunikasi di pos lintas batas. Kalau Menhub membangun bandara-bandara baru di sejumlah wilayah, jaringan telekomunikasi dan internet yang kuat juga harus dibangun di wilayah tersebut," kata pria yang kerap disapa Chief RA ini.

Masa pemerintahan Jokowi-JK masih menyisakan dua tahun lagi, yakni hingga 2019. Sisa waktu tersebut dijadikan target oleh Kemkominfo untuk menyelesaikan program Palapa Ring dan perluasan internet 4G hingga ke berbagai tempat.

Dengan demikian, seluruh wilayah ibu kota kabupaten/kota diharapkan terhubung jaringan broadband, seperti yang selama ini dicita-citakan Rudiantara.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Menkominfo Lirik Bos Amazon Jadi Penasihat e-Commerce Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Menkominfo Tunjuk Jack Ma Jadi Penasihat e-Commerce