Sukses

Baidu Targetkan Bus Otonomos Siap Mengaspal Tahun Depan

CEO Baidu Robin Li mengatakan bus otonomos ini akan berjalan dalam rute yang sudah ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta - Baidu yang kerap disebut sebagai Google-nya Tiongkok berencana memperluas pengembangan kendaraan otonomos besutannya. Setelah mobil menjadi perhatian utama, perusahaan mengaku ingin mengembangkan bus swakemudi.

Menurut CEO Baidu Robin Li, perusahaannya berniat memiliki bus otonomos yang siap mengaspal di jalanan bersamaan dengan mobil swakemudi. Dikutip dari Engadget, Jumat (20/10/2017), ia menargetkan bus tersebut meluncur tahun depan.

Nantinya, bus akan berjalan dalam rute yang sudah ditentukan. Untuk mewujudkan rencana tersebut, Baidu bekerja sama dengan sejumlah perusahaan asal Tiongkok dalam proses pengembangannya.

Baidu, menurut Li, sangat serius untuk berinvestasi dalam pengembangan kendaraan otonomos. Perusahaan telah menargetkan untuk mulai memproduksi massal mobil otonomos pada 2019 dan 2021.

Pada 2019, perusahaan berencana memproduksi kendaraan otonomos tipe L3 yang memungkinkan intervensi manusia. Sementara pada 2021, versi L4 yang sepenuhnya berjalan otomatis akan mulai digarap.

Sebelumnya, Baidu juga telah mengumumkan kehadiran proyek Apollo. Sekadar informasi, Apollo merupakan software mobil otonomos berbasis open-source yang dikembangkan bersama NVIDIA.

Baru-baru ini, perusahaan juga mengumumkan kerja sama dengan Microsoft. Melalui kerja sama ini, Microsoft akan menyokong pengembangan proyek Apollo milik Baidu dengan layanan Azure.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.