Sukses

Tak Perlu Jadi Astronot, Begini Cara Mudah Keliling Antariksa

Google Maps menghadirkan fitur baru di mana pengguna bisa berkeliling planet di Tata Surya dengan cara yang lebih menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu repot-repot pergi ke luar angkasa. Kini, kamu bisa terbang ke luar Bumi hanya dengan menggunakan internet. Dengan Google Maps, pengguna sekarang dapat menjelajahi berbagai planet di Tata Surya dengan cara yang lebih asyik dan menyenangkan.

Tak cuma Bumi, kamu juga bisa jalan-jalan ke semua planet yang tersebar di Tata Surya, mulai dari Mars, Merkurius, Venus, hingga planet yang paling jauh, yakni Pluto. Bahkan, planet kerdil seperti Ceres pun bisa ditelusuri langsung di Google Maps.

Selain itu, Google Maps juga menghadirkan tampilan visual informatif seputar satelit planet, mulai dari Bulan, serta bulan-bulan Planet lain seperti Io, Europa, Ganymede, Mimas, Enceladus, Dione, Rhea, Titan, dan Iapetus.

"Sekarang, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut--bersama dengan banyak planet dan bulan lainnya--di Google Maps melalui komputer. Agar lebih menyenangkan, coba zoom out dari Bumi sampai Anda di luar angkasa," tulis Google,

Untuk bisa menjajal Google Maps versi luar angkasa, kamu harus mengaksesnya via browser di Google Chrome untuk komputer. Jadi, fitur ini belum bisa digunakan pada versi aplikasi. Kamu bisa beranjak ke tautan berikut ini untuk langsung masuk ke Google Maps luar angkasa.

Setelah masuk, zoom out tampilan Tata Surya secara maksimal. Nanti, pilihan planet otomatis akan muncul di bagian kiri. Pilih planet yang ingin kamu telusuri.

Tampilan planet yang ada di Google Maps merupakan hasil kerja sama Google dengan astronom bernama Björn Jónsson. Ia juga mengajak instrumen pencitraan milik Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, dan Badan Antariksa Eropa, ESA untuk mengumpulkan data peta untuk Europa, Ganymede, Rhea, dan Mimas.

Tak cuma itu, data visual Enceladus dan Dione juga merupakan hasil tangkapan pesawat antariksa NASA untuk eksplorasi planet Saturnus, Cassini. Diketahui, pesawat tersebut telah mengirim sekitar setengah juta gambar ke Bumi, di mana datanya diolah langsung oleh ilmuwan NASA.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.