Sukses

Coolpad Cool Dual, Alternatif Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S?

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, pasar smartphone Indonesia tengah hangat memperbincangkan tentang dua produk dari perusahaan kenamaan, yakni Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus. Alasannya, dua smartphone itu hadir dengan spesifikasi yang nyaris sama.

Salah satu nilai utama dari kedua perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 3 jutaan itu adalah keberadaan lensa ganda di kamera utamanya.

Namun tak banyak yang tahu ada alternatif produk lain di kisaran harga tersebut dengan spesifikasi yang sangat mirip dua perangkat itu.

Adalah Coolpad Cool Dual yang baru saja meluncur pada pertengahan tahun ini. Smartphone besutan Tiongkok ini dibanderol dengan harga Rp 2,9 juta dan juga hadir dengan dua kamera utama. 

Tekno Liputan6.com berkesempatan mengulas Cool Dual baru-baru ini. Lantas, seperti apa performa dari perangkat ini? Berikut ini ulasan singkat dari Cool Dual.

Desain

Memiliki layar 5,5 inci, Cool Dual tampil dengan balutan bodi berbahan metal. Pemindai sidik jari smartphone ini diletakkan di bagian belakang, tepat di bawah kamera. 

Coolpad Cool Dual

Tombol volume dan power terletak di sebelah kanan, sedangkan slot kartu SIM ada di bagian kiri. Bagian atas smartphone ini diisi oleh jack headphone 3,5mm. 

Hadir dengan tombol kapasitif fisik, tampilan antarmuka Cool Dual hadir dalam balutan EUI 5.8 yang berbasis Android Marshmallow. 

Mengusung tampilan antarmuka yang kini sedang tren, yakni tanpa App Drawer, seluruh aplikasi otomatis ditampilkan di bagian depan.

Uniknya, saat mengakses jalan pintas pengaturan, seperti Wi-Fi atau Mobile Data, kamu tak dapat menyapu bagian layar atas, melainkan harus membukanya melalui tombol Recent Apps. 

1 dari 4 halaman

Performa

Coolpad Cool Dual

Dipersenjatai Snapdragon 652, harus diakui perangkat ini mampu menjalankan sejumlah fungsi sehari-hari dengan baik. Terlebih, smartphone ini juga memiliki baterai berkapasitas 4.000mAh. 

Saat menjalankan gim berkualitas kelas menengah, kami tak menemui kendala berarti. Saat menjalankan sejumlah fungsi standar, termasuk bermain gim dan menonton video, baterai smartphone ini dapat bertahan lebih dari satu hari .

Kapasitas yang besar juga didukung dengan fitur pengisian daya cepat, sehingga proses charging dapat lebih singkat. Sensor yang ditanamkan di perangkat ini juga terbilang lengkap, sehingga dapat dimanfaatkan optimal. 

Namun sayang, smartphone ini tak didukung dengan ketersediaan slot microSD. Karenanya, pengguna harus memaksimalkan penggunaan memori internal yang tersedia sebesar 32GB. 

2 dari 4 halaman

Kamera

Kemampuan lensa ganda pada Cool Dual sebenarnya mirip dengan Huawei P9. Dua kamera utama beresolusi 13MP itu masing-masing memiliki fungsi menghasilkan warna pada gambar (RGB) dan monokrom.

Coolpad Cool Dual

Sementara kamera depannya memiliki resolusi 8MP yang dibekali arsitektur PureCel Pixel dan bukaan f/2.2. Untuk mendukung selfie, kamera depannya juga dibekali fitur yang mampu menghasilkan gambar format GIF dan stiker.

Penasaran, seperti apa kemampuan kamera dari Cool Dual? Berikut ini adalah beberapa hasil tangkapan dari smartphone ini. 

Coolpad Cool Dual

Coolpad Cool Dual

Coolpad Cool Dual

Coolpad Cool Dual

Coolpad Cool Dual

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Coolpad Cool Dual

Sebagai smartphone di kisaran harga Rp 2,9 juta, Cool Dual dapat menjadi salah satu alternatif pembelian. Selain didukung chipset kelas menengah yang teruji baik, kemampuan baterai perangkat ini juga tak dapat disangsikan lagi. 

Bagi kamu yang membutuhkan perangkat dengan baterai besar dan mampu menunjukkan performa andal, Cool Dual dapat menjadi pilihan. Terlebih, smartphone ini sudah dibekali dengan kamera ganda yang kini tengah menjadi tren. 

Kemampuan kamera utama smartphone ini juga terbilang baik. Hal yang sama juga berlaku pada kamera depannya ditambah beragam fitur tambahan yang disematkan. 

Hanya, smartphone ini tak dibekali dengan memori eksternal di dalamnya, sehingga pengguna harus benar-benar memanfaatkan memori internal yang sudah disediakan. 

Di sisi lain, jika dibandingkan dengan Moto G5S Plus dan Xiaomi Mi A1, smartphone ini sebenarnya juga tak kalah mumpuni. Akan tetapi, pilihan tetap jatuh kepada masing-masing pengguna. Bagaimana menurutmu?

(Dam/Ysll)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Bocoran Foto Beredar, Mi MIX 2 Hadir dengan Layar Lebih Luas
Artikel Selanjutnya
Vendor Smartphone Ini Jiplak Desain Xiaomi Mi MIX?