Sukses

3 Tips Gampang Atasi Android yang Lemot

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone idealnya menjadi perangkat cerdas yang bisa membantu pengguna dalam setiap kesempatan. Namun lain halnya jika smartphone Android yang kamu pakai lemot.

Aktivitas atau pekerjaan pengguna pun akan terganggu dan sebagai pengguna pasti kamu merasa sangat sebal akan hal tersebut.

Sekadar informasi, salah satu penyebab Android lemot adalah penuhnya cache. Pertanyaannya, apakah kamu perlu langsung ganti perangkat?

Tunggu dulu, ternyata kita bisa mengatasi smartphone lemot karena cache penuh dengan cara yang cukup mudah. Apa saja?

1. Hapus Semua Cache di Smartphone

Untuk menghapus semua data cache di Android, kamu hanya perlu masuk ke menu "Setting" kemudian memilih opsi "Storage & Memory", lalu pilih opsi "Storage & USB Option".

Membersihkan data cache di smartphone Android (Sumber: Jalan Tikus)

Kemudian, kamu akan masuk ke menu "Internal Storage" dan tekan opsi "Cache Data" lalu tekan OK begitu muncul "Clear Cached Data?"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Cache di Aplikasi

2. Hapus Cache di Aplikasi

Selain menghapus seluruh data cache pada Android, kamu bisa menghapus data cache yang ada di aplikasi. Misalnya saja aplikasi Instagram.

Membersihkan data cache sebuah aplikasi (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Caranya pun hampir sama, yakni masuk ke menu "Setting" kemudian pilih opsi "Apps" lalu pilih aplikasi yang ingin kamu hapus data cache-nya. Misalnya aplikasi Instagram. Kemudian kamu bisa memilih menu "Storage" dan pilih "Clear Cache".

3. Pakai Aplikasi Pembersih Cache

Cara mudah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan cache adalah dengan cara meng-install aplikasi pembersih data cache. Ada bermacam-macam jenis aplikasi seperti ini, misalnya Clean Master, Cache Cleaner, Power Clean, dan Smart Booster.

 **Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.