Sukses

Kisah di Balik Logo Sejumlah Perusahaan Smartphone Kenamaan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perusahaan tentu memiliki nilai atau filosofi yang dipegang teguh. Hal tersebut juga berlaku untuk perusahaan pembesut smartphone

Tak hanya nilai tertulis, filosofi semacam itu juga kerap dituangkan dalam bentuk logo. Karenanya, tak heran logo kerap menjadi representasi perusahaan dan dengan mudah dikenal banyak orang. 

Kendati demikian, tak banyak yang mengetahui arti dan kisah di balik logo-logo perusahaan smartphone kenamaan. Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah kisah di balik logo sejumlah perusahaan smartphone dunia. 

1. Samsung

Samsung yang berarti 'bintang tiga' dalam bahasa Korea sebenarnya sudah beberapa kali mengalami perubahan logo. Sebelum menggunakan logo terkini, perusahaan itu selalu menyelipkan ikon bintang tiga dalam logonya.

Pendiri Samsung, Lee Byung Chull memilih nama itu dengan harapan Samsung dapat tumbuh kuat dan abadi seperti bintang di langit. Angka tiga dipilih karena menggambarkan sesuatu yang besar dan kuat.

Sementara logo baru Samsung yang digunakan setelah 1992 hingga kini terlihat lebih lebih menonjolkan nama. Namun dari logo ini, perusahaan ini menunjukkan ambisi menjadi pusat perhatian di alam semesta dan tak sekadar menjadi bintang.

2. Apple

Harus diakui, kisah seputar latar belakang logo Apple yang fenomenal itu memiliki banyak versi. Bahkan, gambar gigitan pada apel yang tampil di logo tersebut mempunyai beragam kisah di belakangnya.

Namun, sang desainer Rob Janoff menuturkan, gambar apel yang digigit itu sengaja dibuat agar membuatnya berbeda dari buah lain dengan bentuk serupa.

"Saya ingin membuat siluet apel, tapi untuk membuatnya jelas seperti apel dan bukannya buah lain, saya melakukan hal yang orang lain lakukan, yakni menggigitnya," ujarnya.

 

1 dari 2 halaman

3. Xiaomi

Perusahaan asal Tiongkok ini hanya memasang kata Mi dalam logonya. Keputusan itu bukannya sejalan dengan rencana perusahaan untuk menembus pasar internasional.

Logo Mi sendiri berarti 'Mobile Internet' dan dapat diartikan pula sebagai lain 'Mission Impossible'. Kata itu dipilih karena Xiaomi menghadapi banyak tantangan di awal pendiriannya.

Di sisi lain, logo ini juga membuatnya lebih mudah diucapkan oleh banyak orang. Sekadar informasi, Xiaomi sendiri dalam bahasa mandarin diucapkan sebagi 'Shao-Mi'.

4. Asus

Mungkin tak banyak yang mengetahui, Asus sebenarnya mengambil nama karakter mitologi Yunani. Asus merupakan kependekan dari Pegasus, kuda bersayap yang juga menjadi simbol kebijaksanaan dan pengetahuan.

Nama itu pun diimplementasikan dalam logo perusahaan. Logo Asus dengan jelas menggambarkan semangat perusahaan untuk menjadi lebih kuat, tumbuh, dan bertanggung jawab pada konsumen.

5. Huawei

Logo Huawei juga menggambarkan arti nama dari perusahaan yang terdiri dari dua suku kata, yakni Hua dan Wei. Hua berarti kelopak bunga atau keagungan, sedangkan Wei berarti pencapaian yang membanggakan.

Dengan kata lain, perusahaan ini menjadi besar seperti bunga yang merekah. Filosofi itu pun digambarkan dalam bentuk kelopak bunga yang mengembang.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Ada Pesan Rahasia di Undangan iPhone 8 yang Apple Sebar?
Artikel Selanjutnya
Top 3: Deretan Foto Kesederhanaan Mark Zuckerberg dan Istri