Sukses

Ini Bentuk Nintendo Switch Buatan Mahasiswa, Seperti Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo Switch dikenal sebagai salah satu konsol yang berhasil mencuri perhatian publik karena tampil dengan konsep baru, yakni hybrid. Hal itu juga didukung dengan jeroan yang dibilang cukup mumpuni.

Melihat hal tersebut, seorang mahasiswa asal Amerika Serikat bernama Tim Lindquist pun terinspirasi untuk membuat Nintendo Switch versinya sendiri.

Berbekal Raspberry Pi dan sejumlah keahlian menggarap perangkat keras, mahasiswa teknik elektro dari Iowa State University ini berhasil membuat tiruan Switch yang juga mampu menjalankan gim.

Seperti dikutip dari The Verge, Selasa (24/10/2017), perangkat besutan Lindquist didesain untuk memainkan sejumlah judul gim lawas. Ia juga sudah memberi nama perangkat ini sebagai 'Nintimdo RP'.

Untuk membuat perangkat ini, ia mendesain case yang dicetak lewat mesin printer 3D. Case tersebut digunakan untuk membungkus Raspberry Pi yang sudah dilengkapi micro-controller untuk menghubungkan tombol fisik dengan prosesor utama.

Perangkat ini dibekali dengan baterai berkapasitas 10.000mAh yang dapat diisi ulang melalui microUSB. Dari sisi software, Nintimdo RP menjalankan RetroPie, software untuk bermain gim di Raspberry Pi yang didukung dengan EmulationStation.

Nintimdo RP memiliki layar sentuh berukuran 7 inci yang jauh lebih besar dari Nintendo Switch. Ketersediaan port di perangkat ini juga terbilang lengkap, mulai dari HDMI dan USB.

Mengingat perangkat ini menjalankan sistem operasi berbasis Linux, ada kemungkinan perangkat ini dapat dinavigasikan memakai mouse dan keyboard seperti komputer.

Untungnya, Lindquist telah mengunggah tutorial lengkap untuk membuat perangkat ini di Github. Dengan demikian, kamu juga bisa mencoba untuk membuatnya sendiri. Bagaimana, tertarik mencoba?

(Dam/Ysl)

Artikel Selanjutnya
Apple Pamer Aplikasi Augmented Reality
Artikel Selanjutnya
Nintendo 'Bunuh' Layanan Media Sosial Miiverse