Sukses

Gara-Gara Kasus Pelecehan Seksual, Forum Gaming NeoGAF Ditutup

Liputan6.com, California - NeoGAF secara tiba-tiba offline alias ditutup. Sedari Minggu (22/10/2017), situs forum gaming tersebut tidak beroperasi selama lebih dari 24 jam.

Pantauan Tekno Liputan6.com saat membuka NeoGAF, situs menampilkan pengumuman forum tak bisa beroperasi karena masalah teknis.

Namun, menurut kabar yang disiarkan laman PCGames pada Selasa (24/10/2017), alasan ditutupnya NeoGAF tak lain dikarenakan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh pendiri forum, Tyler 'Evilore' Malka.

Karena insiden tersebut, sebelas admin dan moderator memutuskan untuk memilih 'angkat kaki' dari forum untuk mendukung korban.

Kelakuan Malka yang tak senonoh ini didokumentasikan dalam screenshot, dan tersebar sejak Jumat sore (20/10/2017). Saat itu, beredar posting Malka pada 2012 silam yang menceritakan kisah pelecehan seksual terhadap seorang wanita.

Tidak bisa dipastikan apakah posting tersebut benar-benar bersifat faktual atau tidak. Yang jelas, saat screenshot tersebut terekspos, para anggota forum langsung geram.

1 dari 2 halaman

Sikap admin dan moderator NeoGAF

Pada waktu yang berlainan, sang korban yang diduga sebagai karyawan NeoGAF tersebut mengungkap perkara terjadi saat Malka dan dirinya sedang berada dalam sebuah perjalanan bisnis di New Orleans, Amerika Serikat (AS).

"Saya kaget, ketika sedang mandi, ia tiba-tiba datang dan mengejutkan saya," ujar korban dalam sebuah unggahan screenshot yang juga beredar di media sosial.

Tak sedikit yang menyayangkan insiden tersebut bisa terjadi. Apalagi, forum gaming sekelas NeoGAF seharusnya tidak pantas membahas topik sensitif seperti pelecehan seksual. Karenanya, para admin dan moderator memutuskan untuk meninggalkan forum sebagai tindak 'perlawanan' terhadap apa yang telah dilakukan Malka.

Pihak representatif NeoGAF sendiri belum angkat bicara soal insiden tersebut. Belum ada informasi terbaru pun yang memastikan apa memang situs akan dibekukan untuk sementara, atau (buruk-buruknya) malah permanen.

NeoGAF didirikan pada 4 April 2006 silam dengan nama "The Gaming-Age Forums". Seiring berkembangnya industri gim di dunia, forum juga berekspansi dengan menggandeng lebih banyak komunitas lintas platform. Bahkan, NeoGAF juga didapuk sebagai sumber valid untuk diskusi informasi seputar gim.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Kesal Anak Alami Kekerasan Seksual, Pria Ini Tembak Mati Pelaku