Sukses

4 Kebiasaan Kids Jaman Now Saat Pakai Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone kini jadi perangkat wajib yang perlu dimiliki oleh semua usia. Sesuai namanya, selain digunakan untuk berkomunikasi, smartphone juga dipakai untuk berbagai hal.

Kebiasaan para pengguna smartphone pun berbeda-beda, tergantung usianya. Salah satu yang kini kerap dibicarakan adalah kebiasaan generasi Z alias kids jaman now.

Menurut sejumlah penelitian, kebiasaan kids jaman now dalam menggunakan smartphone tidak lepas karena mereka lahir di era teknologi yang sudah ada. Oleh karena itu, mereka sangat fasih memanfaatkan fitur di smartphone.

Lantas, apa saja kebiasaan kids jaman now saat menggunakan smartphone? Berikut adalah 4 kebiasaan kids jaman now saat memakai smartphone.

1. Selfie

Kecanggihan teknologi kamera smartphone membuat hasil foto kian tak bercela. Bahkan, beberapa vendor menghadirkan smartphone yang khusus memenuhi kebutuhan selfie.

Ilustrasi: Selfie

Nah, selfie atau memotret diri sendiri sebenarnya bukan hanya dilakukan oleh anak zaman sekarang. Namun kaum muda cenderung berfoto selfie dalam berbagai pose dan kesempatan, lalu memamerkannya di media sosial. Salah satu tujuannya agar kelihatan eksis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siaran Live dan Vlogging

2. Live

Menyiarkan tayangan langsung atau live kini makin mudah dengan hadirnya fitur live di media sosial. Pengguna medsos pun bisa melakukan tayangan live lewat Instagram, Facebook, Bigo Live hingga Periscope milik Twitter.

Tayangan Live Video di Instagram (Sumber: Instagram)

Fitur ini pun tidak hanya dimanfaatkan oleh selebritas untuk berinteraksi dengan fansnya, tetapi juga oleh anak-anak muda.

Dalam berbagai kesempatan, kids jaman now seringkali menayangkan siaran tentang aktivitasnya, menyapa pengguna lain, menjawab berbagai pertanyaan yang ditujukan penonton, hingga segala hal yang terkesan remeh temeh sekali pun.

3. Vlogging

Kebiasaan membuat video dan mengunggahnya di laman berbagi video kini kerap dilakukan oleh pengguna smartphone. Dengan bantuan fitur kamera smartphone yang kian mumpuni, banyak anak muda yang sering merekam aktivitas, mengeditnya jadi video yang menarik, kemudian mengunggahnya.

Susu Kental Manis Jadi Pomade, Vlog Dua Bocah Ini Kocak Abis. (Foto: Facebook)

Aktivitas nge-vlog pun tidak hanya dilakukan oleh selebgram tetapi juga anak sekolahan. Tentu ini tidak terlepas dari sifat anak muda yang senang tampil dan memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi.

Materi vlog yang diunggah pun beragam jenisnya dan makin kreatif mereka mengunggah konten, kian banyak pula penontonnya.

3 dari 3 halaman

Gim Online

4. Main Gim Online

Bermain gim online tidak hanya bisa dilakukan di desktop, namun juga di smartphone. Makin banyak gim online yang kini bisa dimainkan di smartphone.

Tidak dimungkiri, gim-gim tersebut bersifat sangat populer sehingga membuat anak muda sulit berhenti bermain. 

Ilustrasi: Gim online di smartphone

Beberapa judul gim online yang biasa dimainkan anak muda mulai dari Pokemon Go, Mobile Legend, Act of Valor, dan lain-lain.

Nah, dari keempat kebiasaan itu, manakah yang biasa kamu lakukan atau ada kebiasan lain?

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.