Sukses

5 Bahasa Slang Internet Terpopuler, Kids Jaman Now Pasti Paham

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa slang tak hanya sering digunakan di dunia nyata. Di ranah maya pun, bahasa nyeleneh ini telah menjadi tren kultur pop di kalangan pengguna remaja. Sampai-sampai, beberapa 'jargon' slang tersebut dijadikan meme di media sosial.

Sejatinya, bahasa slang memang merupakan ekspresi non formal yang sering digunakan untuk menyampaikan respons saat berkomunikasi di internet, baik itu di kolom komentar media sosial, aplikasi pesan instan, atau kolom komentar grup tertentu.

Tekno Liputan6.com pernah menyajikan kumpulan bahasa slang internet paling populer di luar negeri. Beberapa di antaranya seperti LOL (Laughing Out Loud, tertawa terbahak-bahak) atau ROTFL (Rolling on The Floor, guling-guling di lantai).

Nah, kali ini kami akan menyajikan daftar bahasa slang internet paling populer di 2017. Di sepanjang tahun ini, bahasa slang tersebut sudah pasti sering kamu temui di linimasa.

Apa saja? Apakah satu di antaranya juga sering kamu gunakan? Get ready, inilah daftarnya sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tercyduk dan Kids Jaman Now

Tercyduk

Tercyduk berasal dari kata terciduk (kata kerja: ciduk) yang berarti membekuk, mengambil atau menahan. Kata ini biasanya ditemukan dalam gaya penuturan berita formal. Contoh: Polisi Ciduk Preman Kampung Rambutan.

Tak berbeda dari arti aslinya, warganet pun membuat kata terciduk menjadi "tercyduk". Fakta unik, kata ini adalah kata yang paling sering digunakan warganet di media sosial.

Kids Jaman Now

Secara tata bahasa, kids jaman now tidak mengikuti aturan. Memang, secara arti: kids jaman now artinya anak-anak zaman sekarang.

Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengingatkan warganet kalimat tersebut salah. Seharusnya, menurut ejaan sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasan Indonesia (PUEBI), seharusnya yang benar bukan 'jaman', melainkan 'zaman'.

Tak diketahui dari mana asal kata kids zaman now, tetapi banyak yang menduga kata ini berasal dari meme Kak Seto yang beredar luas di media sosial.

3 dari 3 halaman

Faedah, HQQ, Panutanku

HQQ

Hakiki, berdasarkan definisi dari KBBI adalah "sebenarnya, sesungguhnya."

Namun dalam konteks media sosial dan dialog slang, penulisan kata ini keliru menjadi "HQQ" (mungkin untuk mempersingkat kata).

Panutanku

Berasal dari kata panutan yang berarti idola atau junjungan. Panutanku seringkali dipakai warganet sebagai ungkapan pujian. Versi nyeleneh dari panutanku adalah panutanQ (Q yang berarti 'aku' dalam ejaan bahasa slang).

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.