Sukses

Sebelum Diunduh, Pengguna Bisa Jajal Dulu Aplikasi di Play Store

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengumumkan kehadiran Instant Apps di gelaran Google I/O tahun ini, Google akhirnya menggulirkan fitur tersebut di Play Store. Melalui fitur ini, raksasa internet tersebut ingin menjembatani pengalaman memakai aplikasi langsung dengan mobile web.

Dikutip dari Tech Crunch, Selasa (24/10/2017), pengguna Android sudah dapat mencoba fitur melalui opsi 'Try it Now' saat membuka aplikasi di Play Store. Namun, Google baru merilis kemampuan ini di beberapa aplikasi dan di wilayah tertentu saja.

Bagi yang belum mengetahui mengenai Instant Apps, fitur ini sebenarnya memungkinkan pengguna Android untuk mengakses situs web mobile dengan penampilan layaknya sebuah aplikasi. Pengguna menjajal aplikasi sebelum benar-benar memasangnya di perangkat. 

Untuk mendukung fitur ini, para pengembang sudah menyiapkan sebagian kecil partisi dari aplikasi mereka agar dapat dijalankan sebagian dan dalam hitungan detik. Tujuannya adalah memberi pengguna akses ke situs mobile dengan nuansa aplikasi.

Google sendiri baru saja merilis tool fitur ini pada Mei 2017, setelah mengumumkannya tahun lalu. Karenanya, diperkirkan fitur ini akan lebih banyak dikembangkan pula oleh pengembang di masa yang akan datang.

Fitur ini sudah dapat dijalankan di Android 5.0 Lollipop hingga Android 8.0 Oreo. Google menjanjikan pengalaman memakai fitur ini tak ubahnya memakai aplikasi biasa. 

Sebagai informasi, kehadiran fitur ini sekaligus menambah sejumlah peningkatan yang dilakukan Google di Play Store. Salah satunya adalah perubahan dari Editor's Choice yang sudah dilakukan di 17 negara.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Dapatkan Diamonds di Gim Mobile Legends