Sukses

5 Cara Mudah Tingkatkan Sinyal WiFi, Sudah Pernah Coba?

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal dari jaringan WiFi.

Liputan6.com, Jakarta - Sinyal internet WiFi kini menjadi andalan pengguna internet. Bagaimana tidak, jika sinyal terganggu, beragam aktivitas pun tidak akan berjalan seperti yang diinginkan.

Namun demikian, pengguna ternyata bisa mengusahakan beberapa hal untuk memperkuat sinyal dari jaringan WiFi yang bisa diaplikasikan pada smartphone Android, Laptop, dan barang elektronik lainnya. Bagaimana caranya?

1. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

Perlu kamu ketahui, pada sebuah perangkat router biasanya terdapat satu baris kode entah itu A, B, G, atau N. Nah, teknologi tersebut memiliki makna di mana A, B, dan G merupakan teknologi lama. Sementara N adalah teknologi terbaru yang dipakai pada sebuah perangkat router.

Bisa dikatakan, jika pada perangkat WiFi terdapat teknologi A, B, dan G kecepatannya pun lebih lambat dibandingkan jika perangkat router menggunakan teknologi N.

Ilustrasi: Router

2. Cari Posisi yang Tepat

Sinyal pada WiFi memang tidak bisa dilihat secara kasat mata, tetapi sinyal tersebut dapat terhalangi jika banyak tembok atau bangunan tinggi di sekitar router. Oleh karenanya, pastikan kamu mencari posisi yang bebas dari penghalang saat hendak berselancar di internet menggunakan sinyal WiFi.

Ilustrasi: Sinyal internet wiFi

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jauhkan Router dari Eelektronik Lain

3. Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik Lain

Kualitas sinyal router dapat terganggu kualitasnya karena perangkat elektronik lain seperti microwave. Hal ini menyebabkan internet melalui WiFi lambat.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menjauhkan berbagai perangkat elektronik dari router tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memakai router dual band agar bisa memindahkan frekuensi dengan mudah.

Ilustrasi WiFi. (Doc: Getty Images)

4. Perbaiki Sistem Keamanan

Pengguna internet bisa saja mengalami kondisi yang satu ini, sudah menggunakan paket internet cepat tapi koneksi masih saja lambat saat diakses.

Kalau kamu mengalami kondisi tersebut, kemungkinan ada orang lain yang diam-diam mencuri koneksi WiFi kamu. Guna mencegahnya, kamu bisa menerapkan password WiFi yang rumit dan tidak mudah ditebak. Kamu juga bisa menggunakan enkripsi WPA2 agar makin aman.

Ilustrasi WiFi (pixabay.com)

3 dari 3 halaman

Reboot Router Secara Berkala

5. Reboot atau Restart Berkala

Perangkat router tidak beda jauh dengan smartphone atau PC, yakni mengalami masalah saat dipakai dalam jangka waktu yang lama. Nah, untuk menghindarinya pengguna bisa me-reboot atau restart perangkat WiFi secara rutin agar kondisi router siap digunakan kembali.

Ilustrasi WiFi. (Foto: Istimewa)

Nah, itu tadi beberapa tips sederhana untuk meningkatkan sinyal WiFi, siap mencoba?

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.