Sukses

Playkey Ancam Industri PC dan Konsol Gim

Liputan6.com, Jakarta - Playkey meluncurkan cloud platform berkonsep blockchain yang memungkinkan kamu bisa bermain hardcore games atau gim rangking atas tanpa batas dari seluruh dunia.

Menariknya, saat ingin memainkan gim tersebut, kamu tak perlu mengunduh atau install. Kamu bisa langsung memainkannya dari berbagai perangkat, terlepas dari persyaratan CPU dan GPU.

Tidak seperti kebanyakan perusahaan yang meluncurkan Initial Coin Offering (ICO), Playkey memiliki platform yang sudah beroperasi lebih dari 120 server di Eropa, 1,5 juta kunjungan bulanan, dan jutaan pendapatan setiap tahunnya. Demikian seperti dikutip dari Cryptocoinsnews, Rabu (25/10/2017).

Penyedia hardware (miner) akan dapat berkontribusi dalam computing power dengan berperan sebagai penyedia jasa cloud, dan akan dibayar dalam kurs kriptik (crypto currency) melalui PKT (Playkey Token). Sebagai informasi, PKT akan tersedia melalui acara umum pemberian diskon token pada 1 November 2017.

“Pada saat ini, 70 persen dari pemain Steam tidak dapat bermain gim triple A (AAA)seperti Grand Theft Auto V dengan resolusi tinggi, sedangkan 30 persen sisanya tidak dapat membuka gim seperti ini pada PC lamanya,” ujar Egor Gurjev, penemu dan CEO Playkey.

Melalui Playkey, Egor Gurjev ingin menuntaskan masalah tersebut dengan menggabungkan teknologi-teknologi pengembangan cloud secara halus dengan teknologi blockchain.

Keuntungan penyedia hardware adalah berpeluang untuk mengoptimalisasikan potensi computing power secara lebih efisien dengan risiko yang lebih rendah. Sementara gamer dapat memilih server yang diinginkan untuk bermain gim.

Selain itu, pengembang dan penerbit gim juga dapat memperluas klien. Seiring industri gaming beranjak pindah ke cloud, hal ini mengikuti tren yang sebelumnya pernah terjadi pada industri video, musik, dan industri lainnya.

Dengan tidak memerlukan pembelian serta perawatan hardware dan server, bermain gim melalui cloud bisa 10 kali lebih murah dibanding melalui hardware personal (PC/konsol). Dengan demikian, Playkey bisa mengancam indutri PC dan konsol gim.

“Kami berharap pasar gim berbasis cloud yang terbuka dan tak terpusat dapat menyediakan--baik untuk penyedia hardware pribadi maupun profesional--agar dapat menghasilkan dua hingga tiga kali lebih banyak uang," ujar Gurjev menambahkan.

Dengan risiko lebih rendah dibanding penyedia hardware kriptik, lanjutnya, secara bersamaan menurunkan harga untuk pemain gim sebesar 50 persen, yang pada akhirnya memudahkan para gamer untuk bermain gim dengan variasi lebih banyak.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Artikel Selanjutnya
Microsoft Konfirmasi Penggunaan Keyboard dan Mouse di Xbox One
Artikel Selanjutnya
Resident Evil Revelations Sambangi Nintendo Switch 30 November