Sukses

Jalan-Jalan di Planet Mars dengan Virtual Reality

Bagaimana rasanya menjajal pengalaman virtual reality dengan menampilkan suasana di planet Mars?

Liputan6.com, Jakarta - Menapakkan kaki di planet Mars apakah salah satu impian kamu? Tak perlu menjadi astronot, kamu sebetulnya dapat mencobanya sendiri dengan menggunakan teknologi Virtual Reality (VR).

Pasalnya, Google dan NASA baru-baru ini bekerja sama mengembangkan konten VR yang dapat menghasilkan pengalaman luar biasa di planet Mars. Lewat proyek bernama "Access Mars", pengguna dapat menyaksikan wujud Mars.

Bahkan agar terasa sungguhan, Google menggunakan gambar-gambar bidikan Curiosity Rover atau mobil NASA yang bertugas untuk mengeksplorasi planet merah tersebut.

Diberitakan Tech Times, Kamis (26/10/2017), pengguna dapat berjalan dan melihat langsung permukaan Mars secara virtual. Menurut Google, proyek ini bakal menampilkan pembaruan data secara berkelanjutan sehingga pengguna bisa melihat kemana saja mobil Rover itu menjelajah Mars.

Adapun VR bekerja berdasarkan software di Laboritorium Jet Propulsion NASA yang dapat membantu para ilmuwan untuk merencanakan dan mengatur operasional mobil Curiosity Rover.

Saat ini konten "Access Mars" dapat kamu nikmati pada beberapa headset VR yang ada di pasaran, seperti Oculus, Gear VR, Daydream, Google Cardboard, dan HTC Vive.

"Konten ini dikembangkan dengan menggunakan WebVR atau sebuah teknologi yang memungkinkan kamu untuk melihat VR di peramban tanpa aplikasi. Kamu bisa menikatinya dengan VR headset di ponsel maupun laptop," jelas Interactive Producer di Lab Creative Google, Ryan Burke.

Sekadar informasi, Curiosity Rover diluncurkan di Florida, Amerika Serikat, pada 26 November 2011. Visi utama peluncuran Curiosity adalah mencari tahu apakah Mars layak dihuni manusia di masa depan.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.