Sukses

Hanya Ada 20 Juta Unit iPhone X Tahun Ini?

Liputan6.com, Jakarta - Laporan mengenai keterbatasan stok iPhone X sudah muncul sejak beberapa waktu lalu. Kini dalam sebuah laporan terbaru, Apple disebutkan hanya menyiapkan 20 juta unit iPhone X untuk tahun ini, lebih sedikit daripada prediksi perusahaan riset KGI Securities.

Mengutip laporan dari Nikkei Asian Review, Jumat (27/10/2017), pengapalan awal iPhone X diprediksi hanya berkisar 20 juta unit, setengah dari jumlah yang direncanakan untuk tahun ini. Apple akan menggelar pre-order iPhone X pada 27 Oktober, sedangkan penjualannya di toko-toko online dan offline pada 3 November 2017.

Pengurangan unit ini disebabkan Apple belum juga berhasil menyelesaikan berbagai isu teknis dengan komponen yang dibutuhkan untuk fitur pengenalan wajah, Face ID, pada iPhone X. Kerumitan dalam proses produksi iPhone X sudah terjadi sejak beberapa bulan lalu.

iPhone X merupakan smartphone pertama Apple yang menggunakan layar OLED dan tidak memiliki tombol "Home" fisik. Pada periode produksi massal, dilaporkan ada cacat produksi dalam prosesor perekatan untuk panel OLED. Hingga akhirnya, sebagian besar masalah tersebut bisa diselesaikan sekitar Juli 2017.

Setelah itu, muncul masalah baru mengenai perakitan modul autentikasi wajah. Para mitra manufaktur Apple hanya mampu meningkatkan first pass yield (FPY) menjelang akhir September 2017.

Untuk meningkatkan angka produksi, Apple diyakini sudah memulai negosiasi dengan sejumlah manufaktur mengenai produksi tambahan komponen-komponen tertentu. Negosiasi ini diharapkan bisa meningkatkan angka produksi iPhone X dengan cepat.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Artikel Selanjutnya
Meluncur 12 September, Berapa Harga iPhone 8?
Artikel Selanjutnya
Dijegal Honda, Ada Apa dengan Toyota?