Sukses

Bos Apple Tanggapi Rumor Keterbatasan Suplai iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - CEO Apple, Tim Cook, mengatakan Apple akan berusaha keras untuk memproduksi iPhone X sebanyak mungkin. Pernyataan Cook itu merupakan tanggapannya atas berbagai laporan yang beredar tentang keterbatasan suplai iPhone X.

Dilansir Softpedia, Jumat (27/10/2017), dalam sebuah sesi wawancara dengan Buzzfeed, Cook ditanya mengenai kemungkinan suplai iPhone X yang sangat terbatas. Ia tak membantah secara tegas rumor tersebut, tapi juga tidak memastikan suplai iPhone X akan bisa memenuhi permintaan konsumen.

"Kami akan melihat apa yang terjadi. Kami akan bekerja sekeras untuk membuat iPhone X sebanyak mungkin," kata Cook ketika berdiskusi tentang keterbatasan suplai iPhone X pada awal kehadirannya di pasar.

Laporan mengenai keterbatasan unit iPhone X saat awal peluncurannya, sudah beredar sejak beberapa hari lalu. Apple disebut hanya menyiapkan tiga juta unit iPhone X untuk penjualan perdananya pada 3 November 2017, padahal smartphone itu akan dijual di berbagai negara.

Selain itu, Apple juga dilaporkan hanya menyiapkan antara 20-30 juta unit iPhone untuk tahun ini. Proses produksi yang rumit menjadi penyebab keterbatasan pasokan produk.

Menurut laporan Nikkei Asian Review, pengapalan awal iPhone X diprediksi hanya berkisar 20 juta unit, setengah dari jumlah yang direncanakan untuk tahun ini. Hal tersebut disebabkan Apple belum juga berhasil menyelesaikan berbagai isu teknis terkait komponen untuk fitur pengenalan wajah Face ID pada iPhone X. Ini bukan satu-satunya kendala yang dihadapi Apple.

iPhone X merupakan smartphone pertama Apple yang menggunakan layar OLED dan tidak memiliki tombol Home fisik. Pada periode produksi massal, dilaporkan ada cacat produksi dalam proses perekatan untuk panel OLED. Hingga akhirnya, sebagian besar masalah tersebut bisa diselesaikan pada Juli 2017.

Setelah itu, muncul masalah baru mengenai perakitan modul autentikasi wajah. Para mitra manufaktur Apple juga disebut hanya mampu meningkatkan first pass yield (FPY) menjelang akhir September 2017.

Apple pun terus berusaha meningkatkan pasokan iPhone X, termasuk bernegosiasi dengan sejumlah manufaktur mengenai produksi tambahan komponen-komponen tertentu.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Catat, Ini Jadwal Peluncuran iPhone 8