Sukses

Banyak Smartphone Pesaing Dijual Murah, Xiaomi Anggap Santai

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi adalah merek smartphone yang dikenal dengan harga sangat terjangkau. Meski demikian, perangkat besutan perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut tetap hadir dengan spesifikasi premium. Jelas saja, strategi Xiaomi tersebut menjadi daya tarik yang seksi di pasar smartphone.

Namun semakin ke sini, Xiaomi tak sendiri bermain di ranah smartphone berspesifikasi tinggi dan dibanderol dengan harga miring. Sejumlah vendor smartphone lain akhirnya turut mengikuti langkah Xiaomi.

Tak sedikit smartphone dengan spesifikasi menengah ke atas dijual dengan harga ramah kantong di Indonesia, beberapa merek di antaranya mungkin sudah begitu familiar didengar. Apakah situasi tersebut menciptakan situasi yang mengancam bagi Xiaomi?

Menariknya, Xiaomi mengaku santai saat menanggapi hal tersebut. Disampaikan Head of Xiaomi South Pacific Region dan Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi, dirinya malah senang dengan situasi ini. Bagaimanapun, Steven--begitu akrab disapa, tidak menganggapnya sebagai sebuah kompetisi.

"Strategi kami sebetulnya bukan fokus di kompetisi, bukan juga earning money atau berorientasi di profit goal. Kami justru fokus pada penjualan perangkat di mana mengutamakan kualitas, user experience, dan keterlibatan pengguna yang lebih besar," ujar Steven saat bertemu dengan Tekno Liputan6.com di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

"Jadi kalau misalnya ada vendor lain yang mengikuti strategi kami ya itu bagus. Semua kami kembalikan ke pasar dan konsumen, mereka bisa menilai perangkat mana yang dijual dengan kualitas terbaik, tetapi harganya bisa dijangkau, itu ada di kami," lanjut pria yang sempat tinggal di Selandia Baru ini.

"Lagipula perangkat kami bukan perangkat murah, tetapi lebih dibilang dengan perangkat terbaik dengan harga yang menakjubkan," tambahnya menegaskan.

Seperti diketahui, Xiaomi adalah perusahaan teknologi yang mengandalkan inovasi. Ambil bukti, perusahaan yang berbasis di Beijing tersebut kini tak cuma menggeluti lini smartphone, tetapi juga menggarap perangkat rumahan pintar yang masuk ke dalam ekosistem Internet of Things (IoT).

Saat pertama kali didirikan, Xiaomi memiliki prinsip bisnis yang sampai saat ini masih diadopsi: inovasi untuk semua, di mana smartphone harus memiliki inovasi dan teknologi terbaik dan harus tersedia bagi semua.

Gagasan tersebut juga mendorong Xiaomi untuk terus menciptakan produk dengan spesifikasi dan harga yang kompetitif. Tidak peduli ke mana mereka pergi, Xiaomi akan terus berjalan dengan prinsip ini.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Gamer Pokemon Go Pergoki Pasangan Mesum Paling Hits
Artikel Selanjutnya
Samsung Targetkan Jual Lebih dari 11 Juta Unit Galaxy Note 8