Sukses

26 Miliar Aplikasi Android dan iOS Diunduh pada Q3 2017

Platform analisis aplikasi, App Annie, mengungkapkan lebih dari 26 miliar aplikasi telah diunduh dari Android dan iOS.

Liputan6.com, Jakarta - Platform analisis aplikasi, App Annie, mengungkap lebih dari 26 miliar aplikasi telah diunduh dari Android dan iOS. Puluhan miliar aplikasi tersebut diunduh sepanjang kuartal III (Q3) 2017.

Dilansir GSM Arena, Minggu (29/10/2017), jumlah unduhan aplikasi di Android dan iOS mengalami peningkatan 8 persen dibanding setahun yang lalu. Data terbaru ini dinilai cukup menarik karena hanya mencakup unduhan aplikasi baru, bukan pembaruan atau pemasangan ulang.

Data dari App Annie juga mengungkap, para pengguna menghabiskan hampir 325 miliar jam menggunakan berbagai aplikasi Android. Jumlahnya mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibanding tahun sebelumnya. India, Vietnam dan Indonesia memberikan kontribusi yang cukup besar untuk peningkatan tersebut.

Peluncuran komersial Reliance Jio dan jaringan LTE mereka pada 2016 di India mendorong lonjakan penggunaan aplikasi yang besar. India bersama dengan Vietnam dan Indonesia, mengalami pertumbuhan double digit.

Aplikasi pada iOS juga mengalami pertumbuhan penggunaan yang sehat. Jumlah unduhan aplikasi iOS pada kuartal III mengalami peningkatan 8 persen YoY. Tiongkok, Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi masih menjadi pasar utama iOS.

Selain itu, dana yang dikeluarkan untuk aplikasi secara keseluruhan juga mengalami pretumbuhan. Para konsumen menghabiskan uang sebanyak US$ 17 miliar, dengan US$ 11 miliar di antaranya berasal dari App Store Apple. Google Play Store dan App Store mencapai pertumbuhan sebesar 25 persen. App Annie memperkirakan para konsumen menghabiskan lebih dari US$ 100 miliar untuk aplikasi pada 2021.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.