Sukses

Meski Mati, Windows Phone Masih Jadi Idaman Banyak Pengguna

Liputan6.com, California - Meski sudah dimatikan, Windows Phone ternyata masih meninggalkan tempat di hati para penggunanya. Berdasarkan data yang dilaporkan AdDuplex, masih banyak pengguna yang memakai smartphone besutan Microsoft tersebut.

Menurut yang dilansir Phone Arena, Selasa (31/10/2017), AdDuplex adalah perusahaan yang membantu pengembang Windows Phone untuk mempromosikan aplikasi secara cuma-cuma.

Lebih dari 30 juta iklan soal aplikasi Windows Phone diedarkan setiap harinya. Maka tak heran, AdDuplex punya banyak data internal soal Windows Phone.

Adapun smartphone yang paling banyak digunakan pengguna Windows Phone adalah Lumia 535 (dirilis 2015) dan Lumia 520 (dirilis 2013). Keduanya, jika digabung, memiliki kontribusi 20,8 persen ke seluruh populasi Windows Phone.

Sementara, varian baru seperti Lumia 640 hanya menyumbang 10,2 persen dari jumlah populasi. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat populasi Windows Phone dalam diagram di bawah ini.

Terkait ekosistem sistem operasi, Windows Phone 8.1 adalah sistem operasi yang paling mendominasi. Fakta tersebut cukup menarik karena Microsoft sudah merilis Windows 10 Mobile sejak dua tahun lalu.

Dengan demikian, Windows Phone 8.1 menguasai populasi dengan jumlah 73,8 persen yang menjalankan sistem operasi tersebut, sedangkan 20,9 persen sisanya berjalan dengan Windows 10 Mobile.

Microsoft sendiri telah menghentikan dukungan teknis untuk semua smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 8.1. Konsekuensinya, pengguna Windows Phone 8.1 tak akan lagi mendapatkan pembaruan keamanan dan non-keamanan.

Sebagai informasi, Windows Phone 8.1 pertama kali diluncurkan pada 2014. Beberapa fitur yang rilis bersamaan sistem operasi ini di antaranya adalah Live Tiles, keyboard World Flow, aplikasi Office terbaru, termasuk Cortana, asisten virtual Microsoft.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Polisi New York Ganti 36 Ribu Unit Windows Phone dengan iPhone
Artikel Selanjutnya
Kode Tersembunyi di Android Oreo Ungkap Fitur Menarik, Apa Itu?