Sukses

Jelang 31 Oktober, Kemkominfo Bagikan 500 Kartu E-Money Gratis

Kemkominfo meluncurkan 500 kartu e-money tahap awal yang dibagikan kepada seluruh peserta upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) resmi meluncurkan uang elektronik (e-money) di Jakarta, Senin (30/10/2017). Ini merupakan persiapan aturan transaksi e-money di seluruh ruas tol Indonesia yang berlaku mulai besok, 31 Oktober 2017. 

Dalam keterangan resmi kepada Tekno Liputan6.com, Kemkominfo meluncurkan 500 kartu e-money tahap awal yang dibagikan kepada seluruh peserta upacara bendera peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 di kantor Kemkominfo, Jakarta.  

Sebanyak 500 kartu e-money Kemkominfo ini meluncur dengan edisi perdana bertema "Palapa Ring".

"Sebanyak 500 kartu e-money dibagikan dalam rangka mendukung pemakaian uang elektronik untuk bayar tol, kereta, dan berbagai pelayanan publik lainnya. Ini menunjukkan kita mendukung semua program di kementerian/lembaga secara bersama-sama," ujar Menkominfo Rudiantara dalam pidatonya. 

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mewajibkan pembayaran secara elektronik bagi setiap kendaraan yang memakai ruas jalan tol di seluruh Indonesia.

Data BPJT Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) per 25 Oktober 2017 mencatat penerapan transaksi nontunai di gerbang tol kini sudah mencapai 91 persen.

"Untuk menyambut kebutuhan masa depan tentu juga dibarengi dengan kemampuan SDM. Dari sisi pengembangan SDM juga jangan hanya memenuhi administrasi saja, tetapi juga perlu pengembangan SDM untuk sekarang dan di masa depan," tuturnya.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.