Sukses

Berapa Biaya Perbaikan iPhone X Bila Rusak?

Buat kamu yang tertarik memiliki iPhone X perlu tahu biaya perbaikan smartphone ini ternyata tak semurah yang banyak orang duga.

Liputan6.com, Jakarta - Masa pre-order iPhone X telah dimulai, Apple juga merilis beberapa informasi mengenai biaya reparasi iPhone X jika perangkat ini rusak.

Seperti harga iPhone X, biaya perbaikan pun cukup mahal, terutama untuk mengganti komponen layar bezelless-nya.

Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Selasa (31/10/2017), perbaikan layar iPhone X akan memakan biaya US$ 279 atau sekitar Rp 3,7 jutaan. Biaya ini dua kali lipat lebih mahal dibandingkan perbaikan layar iPhone 6 yang hanya US$ 129 (sekitar Rp 1,7 jutaan).

Jika dibandingkan dengan perbaikan layar iPhone 8 yang senilai US$ 169 (sekitar Rp 2,2 jutaan), perbaikan iPhone X dinilai 65 persen lebih mahal.

Tidak hanya perbaikan layar yang mahal, secara total jika iPhone X mengalami kerusakan, pengguna bisa dikenakan biaya reparasi senilai US$ 549 atau sekitar Rp 7,4 jutaan.

Padahal untuk reparasi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masing-masing sekitar Rp US$ 349 dan US$ 399 (setara dengan Rp 4,7 dan Rp 5,3 jutaan).

Saking mahalnya biaya perbaikan layar iPhone terbaru itu, pengguna disarankan untuk berhati-hati saat menggunakan perangkat tersebut. Apple juga menawarkan penambahan garansi melalui AppleCare+ untuk membuat biaya reparasi tidak semahal biaya di atas.

Sebenarnya, bagi smartphone berlayar OLED milik Samsung, biaya reparasi layar yang mahal bukanlah hal yang baru.

Alasannya, Samsung menjadi satu-satunya perusahaan yang mampu memasok jenis layar tersebut. Apalagi, komponen tersebut hanya diproduksi dalam jumlah terbatas karena kesulitan produksi.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.