Sukses

Makin Ramai, Pengguna Aktif Facebook Kini Capai 2 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja merilis laporan di kuartal ketiga 2017. Berdasarkan keterangan resmi Facebook yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (2/11/2017), di kuartal ketiga 2017 ini jumlah pengguna aktif Facebook mengalami peningkatan.

Jumlah pengguna aktif harian Facebook mencapai 1,37 miliar orang per harinya. Jumlah tersebut naik 16 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara, jumlah pengguna aktif bulanan Facebook per 30 September 2017 mencapai 2,07 miliar. Seperti pengguna aktif hariannya, angka ini naik 16 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam unggahan di akun Facebook-nya menyebut, komunitas Facebook kian bertambah besar.

"Saat ini, setidaknya 2,1 miliar orang--persisnya 2,07 miliar--di dunia mengakses Facebook tiap bulannya, sedikitnya 1,4 miliar orang mengaksesnya secara aktif tiap hari. Kami juga melihat ada peningkatan bisnis Facebook, di mana total pendapatan tumbuh 47 persen dalam setahun," kata Zuckerberg.

Dia mengatakan, pendapatan bisnis kuartal pertama Facebook melebihi US$ 10 miliar. Meski begitu, Zuck menilai semua hal di atas tidak penting jika layanan-layanan Facebook tidak berhasil "mendekatkan" penggunanya.

1 dari 3 halaman

Pengguna Instagram

Instagram menghadirkan fitur Superzoom di Instagram Stories (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selain menyebut jumlah pengguna aktif Facebook. Ia juga menyebut pengguna aktif harian Facebook kini mencapai lebih dari 500 juta.

Demikian juga dengan jumlah pengguna fitur Instagram Stories. Tampaknya, mengunggah status dalam bentuk foto atau video telah menjadi tren di kalangan pengguna media sosial. Pertumbuhan pengguna Instagram Stories pun kian meningkat tajam.

Jumlah ini meningkat tajam dibandingkan periode sebelumnya. Juli 2017. Saat itu disebutkan Instagram Stories mengantongi 250 juta pengguna aktif harian. Pada pekan ini jumlah penggunanya kembali meningkat hingga 300 juta. Pencapaian ini diumumkan langsung oleh CEO dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Dalam pengumumannya, sebagaimana dilansir Ubergizmo via TechCrunch, Kamis (2/11/2017), Zuck--begitu akrab disapa, mengungkap pertumbuhan pengguna Instagram Stories bahkan menyalip jumlah pengguna aktif Snapchat yang kini hanya berkisar di 173 juta.

"Meningkatnya jumlah pengguna membuktikan interaksi dengan teman dan keluarga lewat Stories kini lebih berarti, ini tandanya baik," ujar Zuck.

2 dari 3 halaman

Instagram

Instagram akan siapkan fitur live streaming yang baru lho, apa keistimewaannya? (Foto: YouTube.com)

Jumlah pengguna harian Instagram Stories terus mengalami peningkatan sejak meluncur pada Agustus 2016.

Fitur ini pada Januari 2017 memiliki 150 juta pengguna aktif harian, hingga akhirnya dalam waktu enam bulan berhasil menembus angka 250 juta. Sedangkan, total pengguna Instagram saat ini sudah mencapai 700 juta akun dengan pengguna aktif bulanan mencapai 500 juta.

Dijelaskan Kepala Penjualan Global Facebook, Carolyn Everson, Stories tidak hanya berhasil memikat pengguna biasa, tetapi juga para pelaku bisnis dan pengiklan.

"Jika kalian memikirkan tentang ini setahun lalu ketika kita duduk bersama, Instagram Stories belum ada.

Hari ini, kita tidak hanya memiliki 250 juta pengguna, tapi sebenarnya sepertiga dari Stories yang paling banyak dilihat adalah dari pelaku bisnis dan satu juta dari pengiklan," ungkap Everson, seperti dilansir Phone Arena.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Ini yang Terjadi Setiap Menit di Internet
Artikel Selanjutnya
Remaja Kian Kehilangan Ketertarikan pada Facebook?