Sukses

5 Risiko Kesehatan Jika Kamu Kecanduan Main Gim Terlalu Lama

Doyan main gim? Suka main berjam-jam setiap hari? Waspada lima (5) risiko kesehatan ini, karena sewaktu-waktu bisa mengancam kamu!

Liputan6.com, Jakarta - Gim memang menjadi salah satu media hiburan paling menyenangkan. Tak pandang usia atau jenis kelamin, hampir semua orang merasa terhibur saat bermain gim.

Dan kini, platform untuk bermain gim pun tak cuma muncul dalam konsol saja, pemain juga bisa bermain gim lewat smartphone karena ekosistemnya sudah sangat mendukung.

Idealnya, bermain gim bisa mengusir stres dan menghilangkan frustasi. Namun, terlalu lama bermain gim ternyata juga berisiko. Bermain gim berjam-jam non-stop dalam satu hari memiliki dampak negatif yang mengancam kesehatan.

Nah, kali ini Tekno Liputan6.com akan menyajikan lima (5) risiko yang mengancam pemain jika kencanduan bermain gim terlalu lama. Apa saja? Merangkum berbagai sumber, berikut daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Obesitas

Obesitas bisa menjadi salah satu risiko yang kamu alami ketika kencaduan bermain gim setiap harinya.

Bermain gim, kenyataannya bisa membuat si pemain malas bergerak, apalagi berdiri. Belum lagi, rasa lapar melanda ketika pemain lelah duduk seharian bermain gim. Jika kebiasaan buruk ini dilakukan secara rutin, tentu risiko obesitas akan semakin besar.

Mata Lelah

Terlalu lama melihat layar TV atau komputer saat bermain gim juga mengakibatkan kelelahan.

Kenapa Sakit Mata Mudah Menular?

Lama kelamaan, mata akan terasa kram, sakit, dan berisiko mengalami gangguan penglihatan. Karena itu, kami sarankan untuk mengistirahatkan mata selama beberapa detik, sebelum akhirnya melanjutkan bermain gim lagi.

Setidaknya, kamu patok setiap harinya bermain gim cuma 3 jam (maksimal). Lebih dari itu pasti akan membahayakan kesehatan matamu.

3 dari 4 halaman

Kram

Terlalu lama duduk saat bermain gim juga mengakibatkan kram. Biasanya, kram muncul di bagian tangan seperti lengan, pergelangan, atau sikut yang kerap aktif bergerak digunakan saat bermain gim.

Gagal Jantung

Penyakit jantung ternyata juga bisa mengancam bagi kamu yang doyan bermain gim berjam-jam sepanjang hari.

Penyakit Jantung Reumatik

Ada sebuah kasus di mana seorang pria asal Hong Kong berusia 32 tahun mengalami gagal jantung dan meninggal karena kecanduan bermain gim. Diketahui, ia main gim dua hari dua malam non-stop di sebuah warnet. Nahasnya, ia ditemukan tewas di warnet tersebut dengan kondisi gagal jantung.

4 dari 4 halaman

Penggumpalan Darah

Selain gagal jantung, gamer akut ternyata juga berisiko kena penyakit Deep Venous Thrombosis (DVT) alias gumpalan darah yang terbentuk di vena tubuh, kebanyakan DVT terjadi di bagian kaki dan pahal. Gumpalan disebabkan akibat pemain terlalu lama duduk saat bermain gim.

(Jek/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.