Sukses

Review: Xiaomi Mi MIX 2, Desain Lebih Oke Kamera Belum Sempurna

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone penerus Mi MIX, yakni Mi MIX 2 telah dirilis di Beijing 11 September lalu bersamaan dengan Mi Note 3. Belum lama ini, Mi MIX 2 juga melenggang di pasar India.

Masih sama dengan pendahulunya, Mi MIX 2 hadir dengan desain bezeless alias berbezel tipis. Bedanya kali ini Xiaomi memangkas luas layar dari 6,4 inci pada Mi MIX menjadi 5,99 inci pada Mi MIX 2.

Lalu, seperti apa pengalaman menggunakan Mi MIX 2? Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal Mi MIX 2 dan berbagai fiturnya. Berikut adalah ulasan singkat mengenai Mi MIX 2.

Desain dan Layar

Pertama kali memegang Mi MiX 2, tampak jelas smartphone ini berbeda dengan Mi MIX. Smartphone ini berlayar besar tetapi dibanding pendahulunya Mi MIX 2 lebih nyaman saat digenggam karena layarnya lebih kecil dan tiap sudutnya dibuat lebih rounded. Perbedaan lain antara keduanya adalah bagian dagu (bawah layar) Mi MIX 2 dibuat lebih kecil dan hemat ruang.

DSCF8545

Kendati begitu, kamera depan smartphone ini masih ditempatkan di bagian pojok kanan dagu smartphone sehingga pengguna harus rela memutar perangkat saat hendak mengambil foto selfie.

Bodi smartphone berbalut keramik pun tetap dipertahankan dan membuat smartphone ini punya kesan mewah dan lebih tahan akan goresan. Meski begitu, smartphone berbodi keramik cenderung lebih licin saat digenggam, sama halnya dengan Mi MIX 2.

Berbeda dengan Mi MIX yang sepenuhnya dibalut keramik, sisi samping Mi MIX 2 dilapisi bahan logam sehingga mengurangi licin saat digenggam.

DSCF8543

Dibandingkan pendahulunya yang layarnya bebas dari speaker karena ada di bawah layar, layar atas Mi MIX 2 terdapat lubang speaker. Mi MIX 2 juga hadir tanpa audio jack sehingga pengguna harus menghubungkan headset dengan adapter USB tipe C untuk bisa mendengar musik melalui headset

Seperti pada Mi MIX, Xiaomi memberikan case pelindung sehingga saat dipasang menutupi bodi Mi MIX 2, ponsel tidak terlalu licin. Sayang, dibanding pendahulunya yang terbuat dari bahan kulit asli, case Mi MIX 2 terbuat dari bahan plastik, sehingga jadi terkesan kurang mewah.

Sekadar informasi, sisi kanan Mi MIX 2 terdapat tombol volume dan power. Sementara di sisi kirinya terdapat slot SIM card yang bisa dibuka dengan SIM card ejector. 

Sisi kanan Xiaomi Mi MIX 2 yang dilapisi metal terdapat tombol volume dan power (Liputan6.com/ Iskandar)

Kemudian, di bagian bawah smartphone tersebut juga dibekali port USB type C serta speaker di sisi kanan dan kiri port type C. 

Sisi bawah Xiaomi Mi MIX 2 terdapat speaker dan port USB type C untuk pengisian daya (Liputan6.com/ Iskandar)

Seperti Mi MIX, bodi belakang smartphone penerusnya ini juga terdapat kamera utama 12MP dengan LED flash di sampingnya. Sementara, fingerprint scanner ditempatkan di bawah kamera. 

DSCF8544

Beralih pada layar, Mi MIX 2 hadir dengan layar 5,99 inci yang didukung rasio aspek 18:9 (resolusi 2.160 x 1.080 piksel). Bodi Mi MIX 2 lebih dari 80 persen didominasi layar IPS, bukan OLED. Layar Mi MIX 2 bisa menghasilkan gambar yang baik, meski warna yang dihasilkan tidak maksimal dibandingkan smartphone dengan layar OLED.

Detail layar bezelless Mi MIX 2 dengan antarmuka MiUI 9 berbasis Android Nougat (Liputan6.com/ Iskandar)

1 dari 4 halaman

Performa dan Tampilan Antarmuka

Di atas kertas, Mi MIX 2 hadir didukung dengan prosesor Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 6GB. Sementara, ruang penyimpanannya hadir dalam dua pilihan, yakni 128GB dan 256GB dan tidak dilengkapi slot microSD.

Dengan dapur pacu di atas, kinerja Mi MIX 2 tidak diragukan lagi bisa memenuhi kebutuhan pengguna smartphone aktif.

Saat digunakan, Mi MIX 2 tidak mengalami lag dan pas untuk menunjang kebutuhan sehari-hari seperti mengakses media sosial, email, kamera, video dan musik streaming, hingga bermain gim.

Lantaran layarnya lebih kecil dibanding Mi MIX, Xiaomi membekali Mi MIX 2 dengan kapasitas baterai 3.400mAh. Pengisian daya dilakukan melalui port USB tipe C dan dibekali fitur pengisan daya cepat Quick Charge 3.0 sehingga proses isi daya hanya berlangsung satu jam lebih untuk bisa penuh.

Dengan kapasitas daya di atas, baterai Mi MIX 2 bisa bertahan seharian, namun untuk pengguna yang melakukan pemakaian sangat aktif, dalam sehari pengisian daya bisa dilakukan dua kali.

Kami juga melakukan pengujian benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark. Berdasarkan hasil tes, perangkat ini mampu menorehkan skor 174.617 poin. 

Hasil pengujian Mi MIX 2 menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk membuktikan performanya, kami mencoba memainkan beberapa gim kelas berat seperti Injustice 2 dan Asphalt Xtreme. Kedua gim ini berhasil dimainkan dengan lancar dan tanpa lag. Meski begitu, setelah bermain sekitar 30 menit bodi smartphone menjadi lebih hangat. Meski begitu, permainan masih bisa dilakukan dengan baik dengan bodi smartphone yang agak hangat.

Menjajal gim Injustice 2 di Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Beralih ke antarmuka, Mi MIX 2 menjalankan Android 7.0 Nougat dan antarmuka MIUI 9. MIUI 9 merupakan antarmuka terbaru Xiaomi. 

Tampilan antarmuka MiUI 9 pada Xiaomi Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Secara tampilan MiUI 9 lebih sederhana dan dilengkapi dengan fitur baru yakni split screen yang mampu membagi layar jadi dua bagian dan membuka dua aplikasi secara bersamaan.

Fitur split screen pada antarmuka MiUI 9 milik Xiaomi Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Seperti MiUI 8, MIUI 9 juga memungkinkan pengguna untuk masuk dalam dua akun berbeda melalui menu Second Space.

2 dari 4 halaman

Kamera

Tahun lalu, kemampuan kamera Mi MIX bisa dibilang sangat pas-pasan. Xiaomi pun meningkatkan kemampuan kamera Mi MIX 2. Secara spesifikasi, Xiaomi tidak menghadirkan kamera ganda pada perangkat flagship ini.

kamera utama Mi MIX 2 didukung sensor 12MP dengan aperture f/2.0 dan teknologi PDAF dan LED flash. Kamera utama ditempatkan di bodi belakang, tepatnya di atas fingerprint. Sayangnya, fisik kamera utama Mi MIX 2 agak menonjol ke sehingga lebih rentan terkena goresan.

DSCF8542

Sementara, kamera selfie Mi MIX 2 menggunakan sensor 5MP yang ditempatkan di dagu ponsel. Letaknya yang berada di sudut bawah agak sedikit mengganggu saat pengguna hendak berfoto selfie atau video call.

Letak kamera depan Mi MIX 2 di sudut kanan bawah dagu smartphone (Liputan6.com/ Iskandar)

Meski begitu, hasil foto antara kedua smartphone dibandingkan, tentu kamera Mi MIX 2 menghasilkan foto yang lebih baik walaupun belum sempurna. Berikut hasil foto dengan kamera Mi MIX 2:

Memotret sebuah objek.

Hasil foto objek menggunakan kamera utama Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto di bawah ini dengan modus HRD tampak lebih terang.

Hasil foto objek menggunakan modus HDR kamera Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Memotret sebuah objek makro dengan kamera Mi MIX 2.

Foto makro menggunakan kamera Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto objek makro dengan Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto kamera Mi MIX 2 saat kondisi cahaya begitu terang. 

Foto sebuah ojek dalam kondisi cahaya sangat terang (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto dengan kamera Mi MIX 2 saat kondisi langit redup.

Foto dalam kondisi langit redup (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto dengan Mi MIX 2 saat kondisi langit terang.

Foto dalam kondisi terang (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto outdoor dengan Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agusin Setyo W)

Hasil foto makanan menggunakan kamera Mi MIX 2.

Memotret makanan dengan Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto saat malam menggunakan kamera Mi MIX 2, terlihat sangat banyak noise. Tampaknya kamera Mi MIX 2 memang kurang begitu baik untuk memotret objek dalam kondisi gelap atau malam hari.

Hasil foto malam hari menggunakan kamera utama Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto dengan kamera depan Mi MIX 2. Sayangnya, hasil foto dengan kamera depan Mi MIX 2 tidak maksimal saat kondisi gelap.

Hasil foto selfie di tempat dengan banyak cahaya menggunakan kamera depan Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Mi MIX 2 hadir dengan desain bezelless yang sangat menawan dan baru dibandingkan pendahulunya. Smartphone ini lebih nyaman digenggam dan terkesan mewah karena material keramik yang digunakannya. Meski begitu Xiaomi membekali boks Mi MIX 2 dengan case yang terbuat dari plastik.

Smartphone ini didukung dengan chipset premium Snapdragon 835 dan RAM 6GB menjadikan performanya kencang dan anti nge-lag. Dari segi daya, smartphone dengan baterai 3.400mAh ini bisa dibilang cukup hemat daya apalagi dengan dukungan pengisian daya cepat 3.0 yang membuat proses pengisian daya menjadi lebih cepat.

Meski telah memperbaiki kualitas kamera, hasil foto Mi MIX 2 masih terbilang standar sebagai smartphone premium dan ini menjadi nilai minus tersendiri. Desain bezelless juga membuat Xiaomi mengorbankan letak kamera depannya. Pengguna pun "dipaksa" nyaman dengan letak kamera depan tersebut.

Kekurangan lain Mi MIX 2 adalah hilangnya audio jack 3,5mm demi membuat perangkat ini lebih tipis dibandingkan pendahulunya. Tentu bagi mereka yang gemar mendengarkan musik hal ini jadi kekurangan tersendiri karena harus menggunakan konverter tipe C.

Tampilan layar bezelless Xiaomi Mi MIX 2 (Liputan6.com/ Iskandar)

Kelebihan:

- Desain bezelless yang menawan - material keramik yang membuat smartphone terkesan mewah

- Prosesor Snapdragon 835, RAM 6GB, dan ruang penyimpanan 256GB membuat kinerja smartphone bebas lag

- Fitur split screen memungkinkan membuka dua aplikasi dalam satu layar

- Kinerja baterai yang tahan lama dan proses pengisian daya lebih cepat dengan fitur Quick Charge

- Penempatan fingerprint scanner di bagian tengah belakang sehingga mudah diakses

- Sudah hadir dengan ROM global sehingga tidak perlu flashing ROM

Kekurangan:

- Material keramik membuat bodi smartphone lebih licin

- Tidak dilengkapi audio jack 3,5mm

- Kamera depan diletakkan di dagu smartphone, pengguna yang ingin foto selfie harus memutar smartphone.

- Kamera utama lebih baik, namun hasilnya masih standar

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Live Streaming Awarding Day Energi Muda Pertamina

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Essential Phone Ternyata Paling Sulit Diperbaiki
Artikel Selanjutnya
Bocoran Foto Beredar, Mi MIX 2 Hadir dengan Layar Lebih Luas