Sukses

Apple Jual 46,6 Juta iPhone pada Kuartal IV 2017

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis laporan finansial kuartal IV (Q4) 2017 yang berakhir pada 30 September 2017. Salah satu yang menarik dalam laporan tersebut adalah angka penjualan iPhone, mengingat perusahaan baru saja memulai penjualan smartphone terbarunya pada 22 September.

Dikutip dari USA Today, Jumat (3/11/2017), Apple telah menjual 46,6 juta unit iPhone selama tiga bulan terakhir, sejalan dengan prediksi 46 juta unit dan naik dari 45,5 juta unit setahun yang lalu. Penjualan iPhone 8 diperkirakan kurang 10 persen dari total penjualan.

"Kami yakin, kurang dari 10 persen merupakan kontribusi dari iPhone 8," tutur analis GBH Tech Research, Daniel Ives, Daniel Ives. Sisanya adalah seri iPhone lain seperti 6s, 7, 7 Plus dan SE.

Apple tidak merinci angka penjualan berbagai seri iPhone, bahkan menolak untuk memberikannya, meski banyak permintaan dari para analis. Namun, CEO Apple Tim Cook, pernah mengatakan, iPhone 8 dan 8 Plus termasuk dua model iPhone yang paling populer.

Lebih lanjut, Apple membukukan pendapatan US$ 52,6 miliar pada Q4 2017, naik 12 persen dari kuartal yang sama tahun lalu. Perusahaan berhasil mengalahkan ekspektasi US$ 50,7 miliar dari analis S&P Global Market Intelligence.

Pendapatan bersih naik 19 persen menjadi US$ 10,7 miliar dan laba bersih per saham naik menjadi US$ 2,07, melampaui perkiraan sekira US$ 1,87.

Setelah laporan finansial Q4 2017, sejumlah pihak penasaran seberapa besar pengaruh iPhone X untuk pertumbuhan bisnis Apple pada kuartal selanjutnya. iPhone X merupakan smartphone paling premium Apple dan mulai dijual di berbagai toko pada 3 November 2017. Smartphone ini dijual dengan harga mulai dari US$ 999.

1 dari 2 halaman

Pengapalan iPhone X bisa dipercepat

Apple dilaporkan bisa mengapalkan iPhone X lebih cepat daripada rencana awal. Konsumen yang sebelumnya harus menunggu sampai pertengahan Desember, kini beberapa di antaranya bisa mendapatkan iPhone X satu bulan lebih cepat.

Pre-order iPhone pada Jumat (28/10/2017), yang sukses karena terjual habis dalam waktu 10 menit, awalnya membuat waktu pengiriman mundur sampai pertengahan Desember. Namun, Apple disebut berhasil meningkatkan waktu pengapalan cukup cepat.

Sejumlah konsumen yang awalnya dijanjikan pengapalan produk dalam waktu satu hingga dua pekan, kini menjadi 3 November 2017. Sejumlah konsumen yang harus menunggu dua hingga tiga pekan juga akan mendapatkan iPhone X pada awal November. iPhone X yang direncanakan untuk pengapalan Desember, diperkirakan juga akan dipercepat menjadi November 2017.

iPhone X akan mulai menyambangi toko-toko offline dan online pada 3 November 2017. Semua Apple Store akan buka pukul 08.00 pagi, waktu setempat, pada tanggal tersebut. Pihak Apple belum mengungkapkan jumlah iPhone X yang disiapkan untuk penjualan perdananya.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Meluncur 12 September, Berapa Harga iPhone 8?
Artikel Selanjutnya
Samsung Targetkan Jual Lebih dari 11 Juta Unit Galaxy Note 8