Sukses

WhatsApp Down di Indonesia, Eropa, dan Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Layanan pesan singkat WhatsApp diperkirakan sedang tumbang di berbagai wilayah di dunia.

Pantauan Tekno Liputan6.com di situs pendeteksi laman yang tumbang, Down Detector, Jumat (3/11/2017), laporan mengenai masalah pada WhatsApp meningkat sekitar pukul 15.00.

Jumlah laporan yang sebelumnya 58 laporan melonjak hingga 197 laporan. Tertulis dalam situs tersebut, masalah dialami WhatsApp sejak pukul 14.30.

Dalam laman tersebut juga disebutkan bahwa masalah utama yang dikeluhkan pengguna WhatsApp adalah masalah koneksi (52 persen), kesulitan mengirim dan menerima pesan (41 persen), hingga sulit melakukan login (5 persen).

Berdasarkan peta live outage milik Down Detector, beberapa wilayah yang terdampak tumbangnya layanan WhatsApp adalah Eropa, terutama Inggris, Belanda, Belgia, Luxemburg, Swiss, Prancis, Jerman, Ceko, Spanyol, Italia, dan Turki.

Selain itu, tumbangnya layanan WhatsApp juga dilaporkan di sejumlah negara di Asia, seperti India, sebagian Tiongkok, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

 

Laporan Whatsapp tumbang meningkat tajam sejak pukul 14.30 WIB (Sumber: Down Detector)

1 dari 2 halaman

WhatsApp Tumbang

Laporan dari banyak pengguna WhatsApp yang diunggah pada Down Detector juga mengungkap kota-kota yang terdampak tumbangnya layanan pesan milik Facebook tersebut.

"Tumbang di Qatar," tulis pengguna bernama Fatma di Qatar.

Demikian juga dengan pengguna di Norwegia, Amerika Serikat, Spanyol, Australia, hingga Indonesia.

"WhatsApp tumbang di Indonesia, kenapa? Apakah ada masalah dengan server-nya?" tutur pengguna bernama Unchoe Justitia Muhardiman beberapa menit lalu.

Saat dicoba, layanan WhatsApp memang tidak bisa digunakan untuk mengirim maupun menerima pesan. Sementara, ikon koneksi pun terus berputar.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Terkuak, Ini Daftar Negara yang Jadi Mitra Dagang Korea Utara
Artikel Selanjutnya
Kunjungi Arab Saudi, China Teken Kesepakatan Rp 933 Triliun