Sukses

WhatsApp Down, Jan Koum Sang Pendiri Banjir Mention di Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Layanan pesan WhatsApp sempat tumbang di seluruh dunia selama beberapa saat. Meski begitu, WhatsApp sudah bisa diakses kembali.

Walaupun WhatsApp down sebentar, banyak penggunanya yang menyuarakan keluhan mereka di jejaring sosial, termasukTwitter.

Di antara keluhan-keluhan tersebut, ada pula yang dialamatkan kepada pendiri WhatsApp, yakni Jan Koum dengan akun Twitter @jankoum. Aduan tersebut dibarengi dengan #whatsappdown yang sampai saat ini masih memuncaki trending topic worldwide di Twitter.

Pemilik akun @Norton_Juntax mengadu aplikasinya tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan. "Can't send my heart due to #whatsappdown @jankoum," cuitnya.

Pengguna Twitter dengan akun @rabiyapathan pun mencuitkan keluhannya. Tidak tanggung-tanggung, ia juga menyarankan Koum untuk memperkerjakan tim teknis yang lebih andal. "@jankoum you may need a better technical team!" tulisnya kepada Koum.

Ada juga yang memastikan kepada Koum apakah layanan pesan milik Facebook itu benar-benar sedang bermasalah. "Whatsupp error @jankoum?" katanya.

Pemilik akun @ImSubashRaina juga curhat kepada Koum di Twitter bahwa dirinya dan sejumlah teman tak bisa mengirim dan menerima pesan. Dia juga menanyakan masalah apa yang terjadi sampai WhatsApp tumbang

1 dari 3 halaman

Tak Ada Tanggapan dari Jan Koum

Jan Koum, dari Orang Miskin Hingga Menjadi CEO Whatsapp | via: mashable.com

Menariknya, sang pemilik akun Twitter yang banyak di-mention oleh pengguna WhatsApp justru bungkam tak memberi jawaban.

Bahkan, akun Twitter Koum cenderung tidak aktif. Jumlah cuitannya selama bergabung dengan Twitter sejak April 2009 silam pun hanya 80 twit.

Selain itu, cuitan terakhir pria asal Ukraina itu diunggah pada 25 Februari 2016. Hal tersebut menandakan, Koum memang tidak pernah mengunggah cuitan.

Bisa jadi selama ini, CEO WhatsApp tersebut justru tak memantau akun Twitter-nya.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Sudah Bisa Diakses

Peta tumbangnya layanan WhatsApp di sejumlah negara menurut laman Down Detector (Sumber: Down Detector).

Sekitar pukul 15.30 WIB, aplikasi pesan singkat WhatsApp down alias tumbang, sehingga tidak bisa digunakan untuk berkirim atau menerima pesan. Namun, tumbangnya aplikasi milik Facebook tersebut tak berlangsung lama.

Sekitar pukul 16.10, WhatsApp berangsur pulih. Sejumlah pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut secara normal.

Sebelumnya, masalah utama yang dikeluhkan pengguna WhatsApp adalah masalah koneksi (52 persen), kesulitan mengirim dan menerima pesan (41 persen), hingga sulit melakukan login (5 persen).

Berdasarkan peta live outage milik Down Detector, beberapa wilayah yang terdampak tumbangnya layanan WhatsApp di antaranya adalah Eropa, terutama Inggris, Belanda, Belgia, Luxemburg, Swiss, Prancis, Jerman, Ceko, Spanyol, Italia, dan Turki.

Selain itu, tumbangnya layanan WhatsApp juga dilaporkan di sejumlah negara di Asia, seperti India, sebagian Tiongkok, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Saksikan Live Streaming Awarding Day Energi Muda Pertamina

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Akun Facebook Mark Zuckerberg dan Istrinya Tak Bisa Diblokir
Artikel Selanjutnya
Foto Prilly Latuconsina Jadi Pilihan Akun Resmi Instagram