Sukses

Michelle Obama: Anak Muda, Jangan Sembarangan Ngetwit!

Michelle Obama mengingatkan anak-anak muda mengenai bahaya menggunakan media sosial tanpa berpikir.

Liputan6.com, Jakarta - Michelle Obama mengingatkan anak-anak muda mengenai bahaya penggunaan media sosial tanpa berpikir. Ia mengimbau warganet untuk berpikir terlebih dahulu, sebelum mengirim twit di situs microblogging, Twitter.

"Kalian jangan mudah mengatakan apa yang ada di pikiran dan jangan ngetwit semua yang kalian pikirkan. Sebagian besar pemikiran awal kalian tidak layak mendapatkan perhatian publik," kata Michelle dalam acara pembukaan Obama Foundation di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Michelle menegaskan pernyataannya itu berlaku untuk semua orang, dan bukan orang-orang tertentu. "First lady atau presiden, panglima tertinggi, dan kalian semua punya suara. Kalian memiliki kekuatan. Apa yang terjadi dengan itu adalah tanggung jawab untuk mengetahui semua kata-kata yang kalian ucapkan memiliki konsekuensi," jelas mantan First Lady AS tersebut.

Ia pun secara khusus mengingatkan anak-anak muda bahwa media sosial adalah "senjata yang sangat kuat" dan berharap orang-orang agar berpikir tentang cara mereka berekspresi. "Jangan pernah mengatakannya secara spontan. Kalian harus berpikir, mengatakannya dengan benar dan menggunakan tata bahasa yang baik," sambungnya.

Michelle sendiri termasuk salah satu orang terkenal di dunia yang cukup aktif menggunakan media sosial, termasuk Twitter. Ia kerap berbagi informasi dengan para follower-nya, termasuk menyampaikan pendapatnya mengenai berbagai hal.

Ibu dari Malia dan Sasha Obama ini juga sering mendapatkan pujian atas berbagai hal yang disampaikannya melalui media sosial, termasuk Twitter dan Vine. Video #TurnipForWhat miliknya di Vine telah ditonton lebih dari 55 juta kali. Demikian seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (4/11/2017).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Michelle Obama Tak Suka Selfie

Ketidaksukaan Michelle terhadap selfie diungkapkan oleh sang suami, Barack Obama. Presiden ke-44 AS itu menyampaikan hal tersebut dalam acara pembukaan Obama Foundation pada Selasa (31/10/2017). Ia menetapkan satu peraturan untuk para partisipan acara tersebut, yaitu dilarang melakukan selfie dengan dirinya dan Michelle.

"Bagi Michelle dan saya, tidak ada selfie. Ini mungkin terlihat sepele, tapi sebenarnya tidak. Saya mengatakan ini karena ada satu hal aneh saat menjadi presiden, yaitu orang-orang tidak lagi melihat mata saya dan menjabat tangan saya. Mereka mendekati saya seperti ini atau ini," kata Obama sambil memeragakan gerakan selfie.

Obama dalam acara tersebut juga bergurau mengenai dirinya yang berusaha memiliki "percakapan nyata" dengan orang-orang. Ia menggarisbawahi maksudnya dengan mengatakan, media sosial telah membantu organisasi di dunia, tapi sekaligus tanpa sengaja menciptakan hambatan ketika foto menghalangi seseorang melihat, mengenali, dan mendengarkan orang lain.

Pernyataan Obama ini tidak lantas membuatnya tidak pernah melakukan selfie setelah lengser dari posisi orang nomor satu di Negeri Paman Sam. Selfie Obama dengan Presiden ke-42 dan 43 AS, Bill Clinton dan George W Bush di Presidents Cup sempat viral pada akhir September 2017.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.