Sukses

BBM Versi Baru Hadir dengan Beragam Fitur Menarik, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) kembali memperbarui aplikasinya dengan beragam fitur menarik. Versi terbaru dari BBM sudah bisa diunduh di Google Play Store serta toko aplikasi iOS, Apple Store.

Berdasarkan keterangan resmi BBM yang diterima Tekno Liputan6.com, Minggu (5/11/2017), versi terbaru BBM memungkinkan pengguna untuk mengubah latar chat sesuai selera, mengkustom PIN gratis, pengunduh otomatis untuk menyimpan video dan gambar, serta menggunakan pesan suara berkualitas terbaik.

1. Pengaturan Latar Chat

CEO BBM Matthew Talbot mengatakan, BBM terus berupaya memperbaiki tampilan serta nuansa antarmuka aplikasi agar menjadi lebih mudah digunakan dan sesuai dengan selera pengguna.

"Sekarang pengguna BBM dapat menggubah latar chat dengan beragam pilihan warna," kata Talbot.

Ada pun cara untuk mengubah latar warna pada BBM di Android dengan cara masuk ke tab "Me", kemudian pilih "Chats" lalu pilih "Chat Background" dan tinggal memilih latar warna yang diinginkan.

Sementara untuk pengguna BBM di iPhone dan perangkat iOS lainnya, pengguna perlu masuk ke menu "Me", kemudian pilih "Settings" lalu pilih "Chat Background".

ilustrasi: background BBM

Sekadar diketahui, bagi pengguna BBM di iOS, produk terbaru BBM ini dilengkapi dengan semua pembaruan layar chat yang tersedia di Android pada bulan lalu. Misalnya saja pola latar baru, bentuk chat bubble baru, warna baru untuk bubbles dan tulisan serta catatan waktu (timestamps) yang muncul di dalam chat bubbles.

Bagi pengguna Android, BBM juga telah menyesuaikan ukuran dari beberapa elemen, sehingga mereka dapat melihat lebih banyak informasi dalam sekilas. Elemen-elemen seperti, kontak avatar, ikon dan logo dibuat lebih kecil sedangkan laporan pengiriman dan dibaca dibuat lebih besar agar semakin mudah digunakan.

Di samping itu, pengguna Android juga akan melihat catatan waktu baru, yang muncul pada stiker di chat mereka, sama seperti catatan waktu pada pesan berbasis tulisan.

 

1 dari 4 halaman

PIN BBM Dikustom

2. PIN BBM Bisa Dikustom Gratis

PIN BBM membantu pengguna mengatur siapa saja yang dapat menghubungi mereka. Pengguna juga bisa mengatur sendiri PIN “Cantik” sesuai selera secara gratis.

Dengan PIN BBM, pengguna tidak perlu lagi memberitahukan nomor telepon genggam atau email untuk menambah teman. Jadi, jika ada pengguna lain yang ingin menghapus dan memblokir, mereka sama sekali tidak bisa menghubungi pengguna BBM.

Cara mengkustomisasi PIN BBM sesuai keinginan (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

PIN itu menjadi milik mereka selamanya dan semakin mempermudah mereka untuk menambah teman di BBM karena lebih mudah diingat, diucapkan dan juga diketik.

Untuk mengubah PIN menjadi kustom sesuai selera pengguna, kamu hanya tinggal membuka menu "Me".

Kemudian kamu bisa pilih menu "PIN" dan masukkan PIN baru yang diinginkan. Jika PIN tersebut tersedia, PIN pun secara otomatis bisa digunakan.

3. Tampilan Grid di Menu Discover

Menu Discover BBM semakin panjang dengan bertambahnya beberapa fitur baru di BBM Mesenger.

Untuk mempermudah pengguna menemukan fitur in-app favorit, BBM merancang tampilan grid baru di menu Discover. Setiap layanan ditunjukkan oleh sebuah ikon dengan warna sama, membuat tampilan semakin rapi dan mudah ditemukan, mengingat banyaknya pilihan di layar.

Menu Discover BBM berbentuk grid (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

2 dari 4 halaman

Pilihan untuk Unduh Foto dan Video

4. Pilihan untuk Unduh Foto dan Video

Versi terbaru BBM memungkinkan para pengguna untuk berbagi berkas (file) di BBM Messenger. Dengan begitu, pengguna bisa memiliki lebih banyak kontrol terhadap konsumsi data.

Sekarang, pengguna dapat memilih untuk mengunduh foto dan video secara otomatis dengan menggunakan Wi-Fi saja, atau kombinasi antara Wi-Fi dan data mobile.

Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa masuk ke menu "Me" kemudian pilih "General" untuk Android atau "Settings" untuk iOS.

	Optimisasi penggunaan data di BBM saat mengunduh foto atau video (Sumber: BBM)

Kemudian, pilih menu "Data" dan "Storage Usage" lalu kamu bisa menentukan cara mengunduh foto atau video tersebut.

5. Kirim Video Berkualitas Tinggi Lebih Cepat

Pengguna sekarang bisa lebih mudah dan cepat saat mengirim file video dan foto berkualitas tinggi ke percakapan pribadi maupun grup.

Caranya dengan memilih video dari kamera atau galeri kemudian, rapikan video di layar pratinjau (preview) kemudian bagikan.

Mengirim video berkualitas tinggi (Sumber: BBM)

3 dari 4 halaman

Pencarian Sticker

6. Rekam Pesan Suara Lebih Cepat untuk iOS

Kedepannya, jika pengguna iOS ingin mengirim pesan suara, cukup hanya dengan menekan ikon mikrofon berwarna biru yang terdapat di kanan bawah layar chat, tekan dan tahan saat merekam lalu lepaskan untuk mengirim.

7. Tab "Featured" baru di Sticker Shop

BBM kini punya lebih dari 1.500 paket stiker di BBM Messenger. Dua fitur baru akan membantu pengguna menemukan apa yang ingin temukan, secara lebih cepat – Featured and Search.

	Tab Featured di menu Sticker BBM (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Menyusul perubahan di Sticker Shop baru-baru ini berupa tambahan tab navigasi, BBM Messenger versi terbaru menghadirkan fitur baru, yaitu Featured. Fitur ini menyatukan pilihan paket stiker baru, yang populer dan layak untuk diperhatikan.

Selain itu, BBM juga memperluas pencarian. Sekarang, pengguna bisa menemukan paket stiker dari semua tab navigasi (New, Free, Featured dan Categories) saat pengguna sedang berada di Sticker Shop.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Windows 10 Fall Creator Update Mulai Bergulir 10 Oktober 2017
Artikel Selanjutnya
Top 3: Tips Maksimalkan Speaker iPhone Paling Dicari