Sukses

Bos Apple: Medsos Bisa Memecahkan dan Manipulasi Umat Manusia

CEO Apple Tim Cook berujar, media sosial berpotensi bisa memecahkan kerukunan manusia, dan parahnya bisa memanipulasi. Apa maksudnya?

Liputan6.com, Cupertino - CEO Apple Tim Cook, mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan belum lama ini. Orang nomor satu di Apple tersebut berkata, media sosial (medsos) bisa membawa dampak buruk jika penggunanya tidak memiliki kendali utuh.

Dalam wawancara bersama Lester Holt di acara NBC Nightly News, suksesor Steve Jobs tersebut mengungkap, permasalahan yang kini terjadi di industri medsos bukanlah kesalahan pengiklan yang menargetkan grup atau individual tertentu, melainkan medsos itu sendiri bisa menjadi 'alat' yang bisa memecahkan dan bahkan memanipulasi manusia.

"Saya tidak terlalu memikirkan isu besar seperti iklan-iklan dari pemerintah asing, itu mungkin 1 persen dari sebongkah isu besar yang harusnya kita sadar harus ditanggulangi," ujar Cook sebagaimana dikutip The Verge pada Senin (6/11/2017).

"Isu yang lebih besar adalah medsos kini bisa dikontrol pihak-pihak yang ingin menjadikannya sebagai alat untuk memecah komunitas, memanipulasi, menyebar informasi bohong (hoax). Menurutku, inilah isu utama yang harus diurus," lanjut pria berkacamata itu.

Walau demikian, menurut Cook, upaya medsos untuk menanggulangi peredaran informasi hoax yang bisa menghancurkan komunitas patut diapresiasi. Karenanya, Apple juga turut serta membantu semua perusahaan medsos menangani kasus ini.

"Mereka telah berupaya keras, lagi pula tidak semua medsos itu sama, teknologinya berbeda-beda. Mereka punya prinsip, nilai, dan model bisnis yang berbeda. Kita harus bahu membahu," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiprah Tim Cook Sebagai CEO Apple

Sekadar informasi, Tim Cook sendiri menjadi 'komandan' perusahaan sejak Agustus 2011, setelah Steve Jobs wafat. Rekam jejaknya di Apple sendiri terbilang sudah lama. Cook bergabung dengan Apple pada 1998 sebagai Senior Vice President of Worldwide Operations.

Di bawah kemudinya, Apple terus sukses dan menjadi salah satu perusahaan teknologi paling prestisius di dunia. Banyak yang menyebut, inovasi Apple di bawah masa kepemimpinan Cook begitu maju.

Namun, tak sedikit pula yang mengkritik perangkat Apple selama masa pimpinan Cook tidak ada inovasi sama sekali, bahkan tidak sebesar pada masa Steve Jobs memimpin.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.