Sukses

Kids Zaman Now Semakin Kepincut Layanan Streaming Musik

Liputan6.com, Nusa Dua - Sesi "What Are Millenials Doing Online?" yang ada di hari pertama AdAsia, Rabu (8/11/2017) juga mengupas fakta menarik soal konsumsi layanan streaming musik oleh generasi milenial alias "kids zaman now".

Seperti disampaikan VP Sales Spotify Asia, Sea Yen Ong, arus pengguna yang kebanyakan berasal dari generasi milenial semakin besar di sepanjang 2017. Padahal, hal tersebut bukan terbilang baru.

"Streaming kan sudah hadir duluan lewat video. Tapi kami menemukan fakta menarik pengguna milenial kini hobinya mendengarkan musik via streaming. Menyoal hal tersebut, pertumbuhan streaming berkembang pesat. Dari kami saja (Spotify) sudah mencaplok 31 persen pengguna aktif di Indonesia," kata Ong kepada Tekno Liputan6.com.

Ong juga mengungkap jumlah pengguna layanan streaming musik bisa mendengarkan 162 menit musik per harinya. Besarnya pencapaian tersebut membuktikan musik bisa mengalir ke seluruh lapisan, kalangan dan generasi.

"Musik itu seperti kaca, secara unik ia merefleksikan siapa kita, apa yang kita lakukan, dan apa yang kita rasakan. Kita mendengarkan musik karena bahagia, bisa juga saat khawatir, sedih, atau yang lainnya," lanjutnya menerangkan.

 

1 dari 2 halaman

Generasi Muda Membeli Akses

Selain itu, Ong juga mengatakan generasi milenial kini memiliki kebiasaan yang tak cuma sebatas di streaming, tetapi juga membeli akses secara utuh. Dengan demikian, akses yang dibeli membuka semua konten yang ingin mereka dengarkan.

"Pergerakan kebiasaan berubah dari yang tadinya membeli konten, kini membeli akses secara utuh. Akses yang dibeli otomatis membuka semua konten dan mereka tak lagi repot membeli konten satu per satu," ungkap Ong.

Spotify sendiri kini telah mengantongi 60 juta pelanggan berbayar. Jumlah pengguna berbayar Spotify mengalami peningkatan sebanyak 10 juta dalam waktu kurang dari lima bulan. Spotify pada Maret 2017 melaporkan memiliki 50 juta pelanggan berbayar, naik 25 persen dalam waktu kurang dari enam bulan.

Jumlah pelanggan berbayar Spotify hampir mencapai setengah dari total pengguna. Spotify pada bulan lalu mengklaim memiliki 140 juta total pengguna.

Adapun pencapaian baru Spotify ini kian menguatkan posisinya di ranah streaming musik. Spotify jauh lebih unggul dibandingkan salah satu rival utamanya, Apple Music, yang saat ini memiliki 27 juta pelanggan berbayar.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Bikin Fans Heboh, Teaser Lagu Baru BTS Ditonton 9 Juta Kali
Artikel Selanjutnya
12 Band Kolaborasi di Album Urban GiGs X Unreleased Project