Sukses

Adopsi iOS 11 Tembus 52 Persen Secara Global

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah merilis sistem operasi (OS) iOS 11 untuk para penggunanya. Sejak dirilis pada September 2017 hingga sekarang, sebanyak 52 persen perangkat sudah menggunakan OS tersebut.

iOS 11 mendominasi perangkat mobile Apple, artinya terjadi penurunan pada versi sebelumnya. iOS 10 saat ini hanya menguasai 38 persen dan berbagai versi iOS sebelumnya sebesar 10 persen.

Persentase pengguna iOS 11 tersebut berasal langsung dari Apple. Data tersebut sekaligus memperlihatkan adopsi iOS 11 lebih lambat dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan catatan Phone Arena, iOS 10 sudah digunakan oleh 60 persen perangkat pada akhir oktober 2016, kemudian jumlahnya naik menjadi 76 persen pada awal Januari dan 87 persen pada Agustus 2017.

Adopsi iOS 11 Tembus 52% (Foto: Ist)

iOS 11 mengalami sedikit kendala sejak pertama kali dirilis. Oleh karena itu, Apple terus bekerja keras untuk "memoles" iOS 11 setelah banyak pengguna mengeluhkan kinerja perangkat mereka menjadi lambat, termasuk merilis pembaruan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dominasi iOS 11 memang berjalan lambat, tapi masih lebih baik dibandingkan vesi terbaru Android. Pengguna perangkat berbasis Android 8.0 Oreo masih sangat terbatas. Demikian seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (9/11/2017).

 

1 dari 2 halaman

Distribusi Android

Berdasarkan data yang dikumpulkan selama sepekan dan berakhir pada 2 Oktober 2017, versi OS 8.0 Oreo digunakan oleh 0,2 persen perangkat Android. Hal ini membuat Oreo tampil untuk pertama kalinya dalam daftar distribusi Android di situs web developer Google.

Sebelumnya, Google tidak mencantumkan data Android Oreo karena jumlah distribusinya masih kurang dari 0,1 persen. Hal ini disebabkan belum begitu banyak perangkat mobile yang menggunakan OS tersebut.

	OS Android Oreo sudah digunakan pada 0,2 persen perangkat Android (Foto: Ist)

OS Android Nougat yang dirilis pada tahun lalu, belum memiliki pengguna yang cukup besar. Pengguna Nougat sebanyak 17,8 persen dari total perangkat Android.

Pada saat yang sama, Marshmallow memimpin perangkat Android dengan 32 persen pangsa pasar. Posisi kedua ditempati Lollipop dengan 27,2 persen, diikuti Nougat yang berada di posisi berikutnya.

Posisi empat dan lima besar ditempati Android KitKat dengan 14,5 persen dan Jelly Bean dengan 6,6 persen. Adapun Android Ice Cream Sandwich dan Gingerbread memiliki masing-masing 0,6 persen pangsa pasar.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Live Streaming Awarding Day Energi Muda Pertamina

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal
Artikel Selanjutnya
RI Kembali Jadi Salah Satu Negara Paling Optimistis di Dunia