Sukses

Vendor Smartphone Prancis Wiko Ingin Lebih Dikenal di Indonesia

Ketimbang bicara target, Wiko ingin konsumen mengenal brand-nya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Vendor smartphone Wiko baru merilis dua smartphone terbarunya yang ditujukan untuk konsumen pecinta selfie di Indonesia, yakni Wiko View dan Wiko View Prime.

Keduanya diklaim memiliki berbagai fitur pendukung selfie yang lebih baik dibanding smartphone lain di kelasnya. CEO Wiko Mobile Indonesia Taufik Syahbuddin, menyebutkan ponsel Wiko dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitor.

Walaupun lebih murah, Wiko belum mau terburu-buru mengejar target penjualan. Menurutnya, Wiko masih perlu membangun brand awareness atas merek Prancis tersebut di Indonesia.

"Tahun ini (targetnya) paling tidak konsumen tahu siapa itu Wiko. Sebenarnya tahun ini kami ada target (penjualan) tapi masih sangat kecil, jadi tahun depan kita mulainya," kata Taufik usai peluncuran Wiko View series di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Sekadar diketahui, Wiko sudah hadir di pasar Indonesia sejak 2015. Namun diakui oleh Taufik, saat itu Wiko belum memaksimalkan channel penjualan dan distribusinya.

"Waktu itu kita mungkin masuk, brand-nya punya nama di Prancis, tapi begitu masuk ke sini ada hal basic yang belum dibereskan, misalnya channel dan distribusinya jadi produk kita bagus pun orang tidak tahu," ujar Taufik.

Untuk itu, Wiko akan lebih fokus untuk brand awareness di Indonesia, yaitu memperkuat basis area Wiko di Indonesia. Beberapa di antaranya Sumatera Utara, seluruh Pulau Jawa, dan Jabodetabek.

Sebelumnya, Wiko pernah menghadirkan beberapa smartphone termasuk ponsel 4G ke Indonesia, seperti Wiko Harry dan U-Pulse. Kini Wiko menghadirkan smartphone Wiko View series yang diklaim akan mampu membuat masyarakat lebih mengenal Wiko.

"Kami ingin menciptakan awareness atau image atas produk kami, sebab brand awareness produk kami di Eropa Barat sudah cukup bagus, tapi di sini konsumen belum mengenal kami, salah satunya mungkin karena persaingannya cukup ketat," tuturnya.

Sembari berusaha dikenal konsumen, Taufik menyebut di tahun depan Wiko akan memperkenalkan beberapa smartphone terbaru masih di jangkauan harga Rp 1,5 hingga Rp 3 jutaan.

"Ke depan karena market Indonesia lebih dari 90 persen 4G, ke depan kita akan fokus ke smartphone 4G," kata Taufik menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Luncurkan Smartphone Selfie

Wiko View Prime (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kedua smartphone ini mengandalkan kamera depan dengan berbagai fitur penyempurnaan selfie serta layar yang lebar dengan rasio 18:9 untuk kebutuhan entertainment pengguna.

"Wiko View Series adalah bukti komitmen kami terus menghadirkan produk dengan teknologi terkini untuk konsumen Indonesia. Keunggulan Wiko View Series adalah layar wide yang memanjakan konsumen pengguna internet dan gim mobile. Selain itu Wiko View juga memiliki kemampuan foto selfie," kata Taufik saat merilis Wiko View Series di Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Taufik menambahkan, meski hadir dengan spesifikasi yang bagus smartphone ini dibanderol dengan harga terjangkau. Dengan begitu dirinya menyakini seri View akan sukses di pasar Indonesia. Sekadar informasi, Wiko View hadir dengan layar 5,7 inci dengan rasio layar 18:9 dan resolusi HD+ (1.440x720 piksel). Wiko View juga hadir dengan bezel tipis dan terbuat dari material metal.

Untuk urusan foto selfie, Wiko View dibekali kamera depan 16MP dan 5MP. Sementara kamera utamanya memiliki resolusi 13MP. Seperti smartphone lain, Wiko menghadirkan fitur bokeh baik pada kamera depan maupun belakang. Smartphone ini dibanderol Rp 2,799 jutaan.

Wiko View Prime hadir dengan layar full HD+ 5,7 inci. Smartphone ini dibekali kamera selfie ganda 20MP dan 8MP serta teknologi wide angle 120 derajat.

Sementara kamera utama smartphone ini beresolusi 16MP yang bisa disesuaikan dengan kondisi lingkungan saat foto melalui Auto HDR, Auto LED flash, Live Auto-Portrait untuk efek bokeh, auto group selfie, panorama, live filters, dan lain-lain. Wiko Prime dibanderol seharga Rp 3,799 jutaan.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.