Sukses

Galaxy S9 Tidak Akan Punya Sensor Sidik Jari di Layar

Liputan6.com, Jakarta - Para vendor smartphone berambisi menghadirkan fitus pemindai sidik hari di belakang layar, termasuk Samsung. Namun, Samsung kemungkinan masih tidak bisa merealisasikan hal tersebut pada awal tahun depan.

Dilansir Softpedia, Minggu (12/11/2017), Galaxy S9 yang akan menjadi flagship terbaru Samsung pada awal 2018 kemungkinan tidak akan memiliki fitur pemindai sidik jari di balik layar. Samsung masih belum bisa menyempurnakan teknologi untuk fitur tersebut.

Samsung disebut sangat ini bisa menghadirkan fitur itu. Pasalnya dengan penerapan desain bezel tipis membuat ruang kosong di smartphone semakin sedikit, sehingga pemindai sidik jari di seluruh bagian layar dinilai akan menjadi fitur yang menarik. Sayangnya, penerapan fitur tersebut lebih sulit daripada ekspektasi.

Pada awalnya, tipe sensor baru tersebut direncanakan hadir pada Samsung Galaxy S8, tapi karena teknologinya belum siap akhirnya ditunda. Teknologi itu dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Synaptics, yang sebelumnya dikenal berkat touchpad pada banyak laptop.

 

1 dari 3 halaman

Galaxy S9 tetap punya sensor sidik jari

Samsung memang belum bisa menghadirkan sensor sidik jari di balik layar pada Galaxy S9, tapi bukan berarti tidak ada fitur serupa untuk smartphone tersebut. Pasalnya, perusahaan akan tetap menggunakan fitur pemindai sidik jari seperti pada Galaxy S8, bersamaan dengan pengandalan wajah yang lebih canggih.

Fitur sidik jari pada Galaxy S9 diharapkan memiliki letak yang lebih baik daripada Galaxy S8. Letak fitur tersebut yang berada di bodi belakang Galaxy S8 mendapatkan kritikan karena berada di dekat kamera belakang.

Kendati demikian, bukan berarti Samsung melepas ambisinya tersebut. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu tidak mungkin menginvestasikan banyak waktu, energi dan dana, hanya untuk melepas teknologi baru tersebut begitu saja.

Oleh karena itu, fitur sidik jari di balik layar kemungkinan besar baru bisa diimplementasikan pada Galaxy Note 9, yang dijadwalkan rilis pada semester II 2018.

 

2 dari 3 halaman

Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 8 baru diumumkan bulan lalu, tapi informasi mengenai suksesornya yaitu Note 9, sudah beredar di internet. Menurut laporan, Galaxy Note 9 akan memiliki sensor sidik jari di bawah layar.

Prediksi soal sensor sidik jari itu berasal dari analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo. Ia memperkirakan Samsung akan mengintegrasikan sensor sidik jari ke dalam layar Galaxy Note 9.

Kehadiran fitur pemindai sidik jari tersebut akan mempermudah para pengguna. Cukup menempelkan jari di atas layar, penggunda dapat langsung membuka kunci perangkat mereka. Fitur ini awalnya juga dilaporkan akan dimiliki Samsung Galaxy Note 8, tapi dibatalkan karena berbagai alasan.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Teaser Galaxy C8 Ungkap Kehadiran Dual Kamera Belakang
Artikel Selanjutnya
Samsung Resmi Umumkan Galaxy J7+ dengan Kamera Ganda