Sukses

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Ponsel Jadul

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan smartphone membuat orang cepat berganti perangkat. Karena teknologi smartphone yang kian canggih pula, produsen mulai berhenti memproduksi feature phone.

Kendati begitu, bukan berarti ponsel jadul sudah tidak bisa dipakai. Alih-alih membuang atau hanya menyimpan di laci, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal berguna di bawah ini. Apa saja?

1. Sebagai Secondary Phone

Terkadang memiliki satu smartphone terasa kurang. Bagaimana tidak, baterai smartphone yang relatif cepat habis membuat pengguna membutuhkan satu smartphone khusus untuk telepon.

Nah, feature phone kamu bisa dipakai dan terus diaktifkan agar kamu selalu bisa dihubungi kapan pun tanpa khawatir baterai habis.

Setelah memesan transportasi online dan baterai smartphone kamu habis, kamu tetap bisa menghubungi driver dengan feature phone kamu.

dok: jalantikus.com

1 dari 3 halaman

Pemutar Musik atau Radio

2. Pemutar Musik atau Radio

Meski feature phone tidak dibekali banyak fitur seperti smartphone, beberapa jenis ponsel lawas sudah hadir dengan kemampuan multimedia. Misalnya saja radio FM atau MP3 Player.

Kalau kamu memakai ponsel lawas kamu untuk mendengar musik atau radio kamu bisa meminimalisasi penggunaan smartphone. Dengan begitu, baterai smartphone kamu akan lebih awet.

Nokia 7600 yang berbentuk mirip daun (Sumber: Telegraph)

3. Sebagai Alat Komunikasi Anak

Orangtua yang meninggalkan anak di rumah bersama nenek atau pengasuh saat bekerja pasti ingin selalu mengetahui kabar buah hati. Nah, daripada ponsel disimpan di laci, feature phone kamu bisa digunakan untuk menelepon anak di rumah.

Ilustrasi: Anak bermain ponsel

2 dari 3 halaman

Pengganti Telepon Rumah

4. Pengganti Telepon Rumah

Kehadiran smartphone yang selalu dibawa ke mana-mana termasuk saat di rumah lambat laun bisa menggantikan telepon rumah. Bahkan ada pula orang yang telah memutus telepon rumahnya karena sudah memiliki ponsel atau pun smartphone.

Namun begitu, ponsel lawas bisa digunakan untuk menggantikan telepon rumah. Keuntungannya, saat smartphone sedang dimatikan atau kehabisan baterai, kerabat terdekat tetap bisa menghubungi kamu melalui ponsel lawas tersebut.

Sekarang sudah ada uji pendengaran dengan biaya terjangkau dengan menggunakan telepon pribadi di rumah.

5. Sebagai Senter Saat Listrik Padam

Salah satu fitur yang sangat berguna pada feature phone zaman dahulu adalah senter atau flashlight. Tentunya fitur ini sangat berguna saat pengguna sedang ada di tempat gelap atau ketika listrik padam.

Menggunakan senter pada feature phone bisa dibilang lebih baik dibandingkan senter pada smartphone. Alasannya karena smartphone bisa menjadi sangat panas bila dipakai untuk membuka senter dalam waktu yang lama.

Ilustrasi lampu senter. (Sumber Pixabay)

Bagaimana menurut kamu? Daripada dibuang atau disimpan di laci, lebih baik kamu gunakan feature phone untuk hal-hal di atas, bukan? Kira-kira apa lagi yang bisa kamu lakukan dengan feature phone lawas kamu?

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Siapa Sangka, Furnitur Nan Cantik Ini Berasal dari Rongsokan
Artikel Selanjutnya
5 Tips dan Trik Traveling yang Brilian Ini Patut Dicoba