Sukses

Dorong Warganet Belanja Online, Hypstar Rilis Stiker Harbolnas

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendorong warganet berbelanja online, aplikasi video pendek Hypstar mengeluarkan berbagai stiker bertema Hari Belanja Online (Harbolnas) 2017. Hal ini juga bertujuan untuk menyemangati para penggunanya dalam merekam momen-momen mereka saat berbelanja.

Di samping itu, Hypstar juga menggelar kontes dan membagi-bagikan hadiah berupa voucher senilai Rp 5 juta untuk 5 orang pemenang. Kontes ini berlangsung pada 9 – 13 November 2017, dan Hypstar mengajak warganet untuk bergabung dan memenangkan hadiah sembari berbagi pengalaman berbelanja online.

Untuk mengikuti kontes tersebut, kamu cukup mengunggah video kreatif berdurasi 15 detik yang berisi aktivitas belanja online ke aplikasi Hypstar.

Lalu, bagikan video itu ke Facebook atau Instagram disertai tagar #BelanjaBarengHypstar. Pemenang kontes akan diumumkan pada 14 November 2017 di akun Facebook dan Instagram Hypstar.

Harbolnas adalah acara tahunan di Indonesia yang pertama kali dicetuskan pada 2012 dan terbukti menarik banyak konsumen. Pada hari-H Harbolnas, sejumlah pelaku industri digital termasuk marketplace, peritel online, agensi perjalanan online berkolaborasi mengadakan acara diskon tahunan secara serentak.

Seiring dengan meroketnya jumlah pengguna internet dan transaksi online, konsumen lebih memilih untuk berbelanja online melihat banyaknya keuntungan, seperti keleluasaan, kemudahan, jaminan keamanan, harga yang lebih murah, banyaknya pilihan, dan menghemat waktu. Demikian seperti keterangan tertulis yang Tekno Liputan6.com terima, Sabtu (11/11/2017) di Jakarta.

Mulai 2016, beberapa e-Commerce melakukan upaya lebih untuk meramaikan festival belanja online ini agar 11.11 dan 12.12 menjadi momen yang tepat untuk berbelanja online, dan strategi ini terbukti sukses di negara besar lainnya, seperti Tiongkok.

 

 

1 dari 3 halaman

Alibaba Raup Transaksi Rp 162 T

Ambil contoh, Alibaba Group meraup transaksi sebesar US$ 12 miliar atau sekitar Rp 162 triliun yang dibayarkan melalui Alipay dalam dua jam pertama ajang 11.11 Global Shopping Festival 2017 atau disebut Single Day.

Terdapat 140.000 merek ternama mengikuti acara yang dibuka pada Sabtu (11/11/2017) dini hari waktu Tiongkok. Acara 11.11 Global Shopping Festival menghadirkan promosi dan penawaran dari 15 juta produk berkualitas, termasuk produk Indonesia.

Festival tahun ini juga menunjukkan kepada dunia konsep New Retail, sebuah inisiatif Alibaba yang bertujuan mengintegrasi dunia online dan offline. Melalui keterangan resminya, Alibaba mengklaim New Retail dipercaya dapat menjadi masa depan perdagangan di dunia.

Beberapa jam sebelum pembukaan 11.11 Global Shopping Festival, Alibaba mengadakan gala tahunan untuk merayakan secara resmi festival tersebut. Perayaan ini disiarkan secara langsung melalui Youku (streaming website), aplikasi Tmall dan Taobao, YouTube, dan siaran TV.

Tahun ini, festival tersebut dimeriahkan dengan penampilan dari berbagai selebritas internasional, seperti Pharrel Williams, Nicole Kidman, Maria Sharapova, Jessie J, dan lainnya.

2 dari 3 halaman

Catatan Penting 11.11 Global Shopping Festival

Beberapa hal yang menjadi catatan penting dalam 11.11 Global Shopping Festival tahun ini adalah:

- Total transaksi dalam GMV (Gross Merchandise Volume) yang diselesaikan melalui Alipay dalam dua menit dan satu detik pertama adalah sebesar US$ 1 milliar (Rp 13,5 triliun).

- Total transaksi GMV yang dilakukan melalui Alipay dalam dua jam pertama adalah sebesar US$ 11,9 miliar (Rp 160,8 triliun). Sebanyak 91 persen dari transaksi tersebut dilakukan dengan melalui gawai.

- Alibaba Cloud memproses sebanyak 325.000 pesanan per detik pada puncaknya dalam satu jam pertama festival. Alipay memproses sebanyak 256.000 transaksi pembayaran per detik pada puncaknya dalam satu jam pertama festival.

- Dalam satu jam pertama, lebih dari 60 merek menghasilkan penjualan lebih dari US$ 15,1 juta (Rp 204 miliar), termasuk brand internasional seperti Apple, Estée Lauder, Gap, L’Oreal, Nike, Samsung, Uniqlo, Zara, dan lainnya.

(Isk/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Watch, Senjata Baru Facebook Raup Keuntungan Iklan Digital
Artikel Selanjutnya
Telkomsel Hadirkan Platform Iklan untuk Segmen UKM