Sukses

Review Oppo F5: Performa Andalan, Kualitas Selfie Jempolan

Selfie smartphone terbaru Oppo, F5, hadir dengan kamera depan berbasis kecerdasan buatan. Lebih lengkap, intip ulasan F5 di artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar selfie smartphone di Indonesia kembali diramaikan dengan seri terbaru Oppo, F5. Smartphone tersebut resmi menyambangi Indonesia pada hari ini, Senin (13/11/2017). Beruntung, Tekno Liputan6.com berkesempatan menjajal smartphone yang ditujukan untuk segmen kelas menengah ini.

Sebelum kita masuk ke ulasan lengkap, sekadar informasi bahwa Oppo F5 merupakan smartphone teranyar Oppo yang pertama kali hadir dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) pada kamera depannya.

Kemampuan cerdas tersebut membuat Oppo F5 diklaim sebagai salah satu pencapaian perusahaan dalam mengubah fotografi smartphone ke tingkat yang lebih tinggi. Fitur unggulan bernama "AI Beauty Recognition Technology" ini bahkan bisa membedakan warna kulit pria dan wanita pada foto.

Selain itu, teknologi canggih tersebut juga dapat mengenali detail lain pada objek foto selfie, seperti jenis kelamin dan usia.

Nantinya, hasil analisis perangkat lunak ini dihubungkan dengan database foto secara global. Kecerdasan buatan ini juga bisa mengaplikasikan hasil yang berbeda antara pria dan wanita walaupun berada dalam satu frame.

Tak cuma kamera selfie yang lebih mumpuni dan canggih, Oppo F5 juga hadir dengan penyegaran desain yang lebih minimalis. Salah satu yang kentara adalah desain layar nyaris tanpa bezel (bezeless) di sisi pinggir dan kanan layar.

Selain dua perubahan besar tersebut, apa lagi kehebatan yang dimiliki Oppo F5? Simak ulasan lengkapnya berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain Bezeless yang Elegan

F5 hadir dengan desain elegan berkonsep unibody nan ramping dengan bodi melengkung. Saat memegangnya pertama kali, bodi smartphone terasa nyaman, pas digenggam, dan tidak terlalu besar.

Material yang melapisi smartphone ini bertekstur metal matte. Namun, pada kenyataannya, material dari smartphone tersebut adalah polycarbonate. Namun, dengan harga yang dibanderol untuk sekelas F5, kami rasa material ini masuk akal untuk digunakan pada smartphone.

Cover belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Kamera utama dan pemindai sidik jari Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Di bagian belakang smartphone, ada garis panel antena bertengger di bagian atas dan bawah kover. Kamera utama terletak di sisi pinggir atas kover belakang, menyusul sensor fingerprint yang muncul di bagian tengah dengan logo Oppo.

DSCF8565

Posisi tombol power dan tray dual-SIM terletak di pinggir kanan smartphone, sedangkan tombol volume ada di pinggir kiri.

DSCF8564

Bagian atas cuma diisi pinhole mikrofon, dan di bagian bawah smartphone bertengger soket jack headphone 3.5mm, micro-USB port, mikrofon, dan speaker.

DSCF8566

DSCF8567

Bagian depan smartphone dipenuhi layar bezeless yang sisi kiri dan kanannya nyaris penuh. Layar smartphone berukuran 6 inci dengan resolusi full HD dan aspek rasio 18:9.

Rasio layarnya sendiri hampir penuh sebanyak 84,2 persen sehingga mampu memberikan pengalaman visual yang realistis tanpa harus menambah dimensi perangkat.

Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Menariknya lagi, smartphone hadir dengan fitur Split Screen yang bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus. Menggunakan Split Screen sambil menonton YouTube dan browsing bukan lagi jadi masalah, mengingat layar smartphone cukup besar--berukuran 6 inci.

Kemudian di bagian atas, ada kamera selfie di sebelah kiri. Berbeda dengan smartphone Oppo sebelumnya yang mengusung tombol Home fisik (dan juga berfungsi sebagai sensor fingerprint), F5 justru absen tanpa tombol Home fisik.

Sebagai gantinya, ada tombol navigasi digital ala Android Stock yang muncul di bagian bawah layar. Pengalaman mengakses smartphone pun lebih lancar karena tidak adanya tombol Home fisik yang sebelumnya "menganggu" di bagian depan.

3 dari 5 halaman

Performa Andalan

Bicara soal performa, Oppo F5 adalah salah satu smartphone dengan performa terbaik pada segmen kelas pasar menengah. Dengan harga kompetitif, Oppo F5 ternyata mampu menawarkan performa yang kencang saat melakukan aktivitas multitasking.

Sekadar informasi, dapur pacu Oppo F5 ditopang dengan prosesor MediaTek MT6763MT dengan RAM 4GB dan memori internal 32GB. Adapun sistem operasinya sudah berjalan di Android Nougat dan antarmuka ColorOS 3.2.

Saat kami menggunakan smartphone selama kurang lebih satu pekan, F5 menunjukkan performa prima dan fluid. Padahal, aktivitas smartphone dilakukan secara multitasking. 

Kami bermain gim mobile (Arena of Valor) dan beberapa aplikasi lainnya, seperti browser, media sosial, chatting, serta edit foto. Transisi antar-aplikasi tetap lancar meski ada kendala lag yang tidak terlalu mengganggu.

Kamera depan Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Salah satu faktor utama yang mampu membuat performa F5 menjadi lebih lancar dan kencang adalah kestabilan dari tampilan antarmuka ColorOS 3.2.

Bahkan, sistem operasi smartphone berjalan lebih mulus dengan kecepatan transfer dokumen 100 kali lebih cepat dari Bluetooth.

Selain itu, prosesor yang disematkan pada smartphone ini mampu menghadirkan fitur penghematan energi yang lebih efisien dan dapat meningkatkan kinerja performa 40 persen lebih baik dibanding sistem operasi dan antarmuka versi sebelumnya.

Ada beberapa fitur kelebihan Oppo F5 lainnya yang kami rasa sangat membantu pengalaman menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-hari. Seperti fitur Facial Unlock yang menerapkan teknologi pengenal wajah.

Fitur ini sebetulnya sudah hadir pada iPhone X yang dibanderol di kisaran Rp 20 jutaan, sementara Oppo F5 hanya dibanderol Rp 4 jutaan. Apalagi, dengan fitur tersebut, smartphone bisa membaca wajah pengguna dan membuka layar hanya dalam waktu 0,4 detik.

Kamera depan Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Selain itu, fitur "Do Not Disturb" juga menjadi salah satu fitur unggulan smartphone karena sangat membantu pengguna yang gemar bermain gim mobile agar tidak diganggu panggilan masuk.

Fitur ini bisa diaktifkan saat bermain gim mobile atau menonton video streaming. Dengan demikian, panggilan masuk hanya akan disiagakan menjadi notifikasi. Jangan khawatir, gim yang dimainkan akan tetap berjalan tanpa ada gangguan sama sekali.

Beranjak ke kapasitas daya, Oppo F5 ditopang dengan baterai 3.200mAh yang kami nilai sangat mengakomodasi kebutuhan sehari-hari.

Dalam pemakaian normal secara multitasking (bermain gim mobile, browsing, chatting, berkirim email), smartphone bisa bertahan hingga 12 jam terus-menerus. Selain itu, smartphone juga hadir dengan teknologi pengisian daya cepat.

4 dari 5 halaman

Kualitas Selfie Terbaik di Kelasnya

Bukan Oppo namanya jika tidak berkutat pada kamera selfie. Ya, Oppo F5 hadir dengan peningkatan kualitas kamera selfie yang lebih baik.

Seperti yang sudah dijelaskan, kamera selfie Oppo F5 beresolusi 20MP dilengkapi dengan teknologi AI Beauty Recognition berbasis kecerdasan buatan mampu "menyulap" foto selfie lebih alami dan nyata sesuai dengan kondisi wajah pengguna.

Lebih lanjut, kamera selfie-nya bisa memindai lebih dari 200 titik pengenal wajah. Dengan demikian, ia bisa mengenali setiap subjek dalam gambar ke sebuah database pemotretan wajah global untuk mempelajari setiap keunikan dari wajah, bentuk, struktur, dan menyesuaikan dengan peningkatan kecantikan yang halus tetapi tetap tampak alami.

Hasil dari kamera selfie Oppo F5 sesuai dengan jargon "Capture the Real You" yang dijanjikan Oppo. Objek foto selfie tampak sangat alami.

Pencahayaan di sekeliling objek juga riil sebagaimana saat kami memotret objek. Selain itu, kamera juga dapat memberikan efek bokeh dan HDR pada foto selfie.

Berikut hasil bidikan kamera selfie F5:

Oppo F5

Oppo F5

Oppo F5

Oppo F5

5 dari 5 halaman

Kamera Utama

Adapun kamera utama Oppo F5 juga tetap menjadi unggulan, dengan mengusung resolusi 16MP (2.160 x 1.080 piksel) dan dilengkapi fitur ES anti-shake DSP yang memungkinkan kamera mengambil gambar secara multiframe tanpa goyang.

Kamera ini juga hadir dengan fitur de-noising yang bisa mengurangi efek grainy dan noise pada foto akibat kondisi pencahayaan minim.

Untuk lebih lengkapnya, berikut hasil bidikan kamera utama Oppo F5:

Hasil foto kamera belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Hasil foto kamera belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Hasil foto kamera belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Hasil foto kamera belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Hasil foto kamera belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Hasil foto kamera belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Hasil foto kamera belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Hasil foto kamera belakang Oppo F5. Liputan6.com/Iskandar

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Oppo F5 adalah selfie smartphone yang menyenangkan. Untuk kisaran Rp 4 jutaan, performa smartphone ini mampu melampaui ekspektasi penggunanya, terlebih pada kamera selfie.

Jika dibandingkan dengan kompetitor lain, mungkin belum ada selfie smartphone dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan seperti yang sudah diusung F5.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.