Sukses

Luar Biasa, Pesan Rahasia Ini Tersimpan di PS2 Hampir 2 Dekade

Liputan6.com, Jakarta - Setelah hampir 17 tahun diluncurkan pertama kali di pasaran dan menjadi salah satu konsol terlaris di dunia hingga saat ini, PlayStation 2 (PS2) ternyata masih menyimpan misteri.

Adalah Haider Ali, gamer yang baru-baru ini secara tidak sengaja menemukan 'pesan rahasia' tersebut.

Bagi kamu yang pernah main PS2 pasti sudah tidak asing lagi dengan layar loading konsol yang memperlihatkan sejumlah blok warna putih dan hitam yang menjulang tinggi.

Yup, menara blok yang muncul di layar loading PS2 tersebut ternyata menunjukkan jumlah gim yang dimainkan, dan tinggi blok menunjukkan berapa lama kamu memainkan gim-gim tersebut. Demikian yang dikutip dari laman Reddit, Selasa (14/11/2017).

Sejak terungkap, posting Facebook Haider Ali sudah dibagikan lebih dari 1.000 kali. Uniknya, hampir lebih dari 500 orang yang mengomentari status Ali dan membagikannya di Twitter, mengungkap mereka juga baru tahu rahasia tersebut.

 

1 dari 3 halaman

Alasan Sony Hentikan Produksi PS2

Seperti disebutkan sebelumnya, Sony sudah tidak memproduksi konsol gim PlayStaion 2 (PS2) ini semenjak 2013.

Saat itu, Sony mengungkap sedang sibuk mempersiapkan konsol generasi terbarunya, yakni PlayStation 3 (PS3). Diketahui, PS2 adalah konsol gim pertama yang dibuat dengan DVD player built-in dengan gim 3D berkualitas tinggi.

Meski sudah berhenti produksi pada tahun 2013, PS2 hingga saat ini masih menjadi konsol gim paling laris di dunia dengan angka penjualan hingga 155 juta unit.

Mengekor di posisi kedua dan ketiga adalah konsol buatan Nintendo, yakni Nintendo DS dan Game Boy yang terjual hingga 153,99 juta unit dan 118,69 juta unit.

2 dari 3 halaman

Main Gim PS2 di Smartphone

Meski telah usang, bagi kamu yang ingin bernostalgia main gim-gim PS2 dapat dilakukan. Berbekal smartphone Android dan aplikasi, kamu pun dapat dengan mudah memainkan gim-gim PS2 ini.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunduh dan meng-install aplikasi emulator bernama "Play!" lewat tautan ini. Kamu bisa membuat file berformat ISO dari gim PS2 atau mengunduhnya dari beberapa situs penyedia ISO gim dari internet.

Setelah itu, kamu bisa pindahkan file PS2 dengan format ISO tersebut ke dalam smartphone Android. Kamu bisa memindahkannya dalam direktori file mana saja, bebas.

Setelah itu, kamu buka aplikasi Play! yang baru saja dipasang. Sesaat setelah membuka aplikasi, ia secara otomatis akan mendeteksi file ISO yang telah kamu pindahkan.

(Ysl/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini
Artikel Selanjutnya
3 Orang Ini Ternyata Sosok yang Telah Mengubah Dunia