Sukses

Tips Bikin Vlog Keren dengan Kamera Ganda Galaxy J7+

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas berbagi video di media sosial kini telah menjadi hal kekinian bagi kids zaman now. Salah satu yang sedang menjadi tren adalah video blogging atau vlog.

Sesuai namanya, vlog biasanya digunakan untuk membagikan aktivitas sehari-hari atau sekadar berbagi tips tentang sesuatu. Meski terkesan sepele, ada beberapa tips untuk menggarap vlog yang menarik.

Dengan begitu, video yang diunggah akan lebih banyak ditonton, bahkan kamu akan mendapatkan tambahan follower. Berikut adalah tips nge-vlog dari tech vlogger Putu Reza yang Tekno Liputan6.com temui beberapa waktu lalu di acara "Capture Like a Pro bersama Samsung Galaxy J7+" di Jakarta beberapa waktu lalu.

1. Kenali Device

Menurut Putu Reza, sebelum membuat konten, vlogger perlu mengenali perangkat yang dipakainya. Hal ini dimaksudkan agar mereka tahu, apa saja kemampuan, pengaturan, dan kelebihan dari perangkat yang digunakan.

Jika vlogger menggunakan smartphone, misalnya dengan Galaxy J7+, mereka perlu tahu apakah perangkat tersebut bisa merekam video Full HD layaknya kamera profesional.

Tampak depan Samsung Galaxy J7+. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

2. Pemilihan Pembagian Hasil Konten pada Medsos

Setelah memproduksi sebuah konten menggunakan Galaxy J7+, menurut Putu Reza, pengguna juga perlu memilih pada medsos apa konten tersebut akan dibagikan.

"Misalnya saja, ketika pengambilan gambar difokuskan pada pemandangan, landscape bisa dijadikan pemilihan yang tepat," tuturnya.

Ilustrasi: Membagikan konten melalui Instagram Stories

1 dari 4 halaman

Perencanaan dalam Vlog

3. Perlunya Perencanaan dalam Vlogging

Putu Reza mengatakan, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat mengambil vlog. Pertama adalah vlogger perlu mempersiapkan cerita yang menarik untuk penonton. "Misalnya cari topik yang sedang hangat dibicarakan," katanya.

Kedua adalah memfokuskan cerita agar alurnya tetap relevan dan yang terakhir adalah mengambil objek yang mendukung video. "Estetika gambar juga turut andil dalam membuat video lebih menarik," katanya.

Tech Vlogger Putu Reza (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

4. Perlengkapan yang Digunakan

Bagi seorang vlogger, ada beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan. Misalnya, tripod kecil bagi yang mengambil gambar dengan smartphone. Dengan begitu vlogger tidak perlu kesusahan saat menggenggam smartphone.

Perlengkapan lainnya adalah tambahan audio. "Jika sedang mengambil gambar pada tempat ramai, tambahan audio sangat disarankan untuk menangkap hasil suara yang lebih baik," kata Putu Reza.

Ilustrasi: Tripod

Kendati demikian, menurut Reza, Galaxy J7+ merupakan smartphone yang bisa diandalkan saat melakukan aktivitas vlogging dengan gambar full HD. Selain itu, audionya pun cukup mendukung sehingga aktivitas vlogging bisa lebih efisien.

2 dari 4 halaman

Vlogger Perlu Berimajinasi

5. Vlogger juga Perlu Imaginasi

Imaginasi dalam pengambilan video sangatlah penting, sebab hal tersebut menentukan hasil gambar yang menarik audiens. Beberapa yang perlu diperhatikan di antaranya cara perpindahan kamera. Menurut Putu Reza, teknik perpindahan kamera akan sangat berpengaruh bagi pengalaman audiens menonton vlog tersebut.

ilustrasi: vlogger

"Misalnya saja, usahakan menghindari pengambilan gambar yang cepat berpindah karena audiens tidak nyaman menontonnya," kata Putu Reza.

Selain itu, transisi video juga merupakan hal yang penting diperhatikan. Artinya, transisi video haru sejalan dengan pengambilan gambar yang sedang diceritakan.

Putu Reza mengatakan, dalam sebuah vlog, penambahan gambar perlu dilakukan. Ia mengingatkan agar foto yang ditambahkan jangan bersifat standar.

 

3 dari 4 halaman

Edit Video

6. Framing

Vlogger perlu mengatur komposisi gambar agar video nyaman dilihat audiens. Selain itu, vlogger juga harus memperhatikan foreground atau background.

Misalnya saja saat pengambilan gambar diri, sebaiknya jangan libatkan warna atau corak di belakang atau depan karena bisa menghilangkan fokus audiens.

Galaxy Note8

7. Edit Video

Putu Reza mengatakan, finalisasi merupakan poin penting dari seluruh proses pembuatan video. Pada Galaxy J7+ misalnya, dilengkapi oleh fitur edit video yang mampu membantu pengguna untuk menghemat waktu pengeditan.

Sebagai tambahan, vlogger juga perlu giat mencoba untuk mengasah kemampuan dan menemukan gaya vlog yang cocok.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Live Streaming Awarding Day Energi Muda Pertamina

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tren Makeup Terbaru, Alis Kepang yang Unik
Artikel Selanjutnya
Riasan Makin Seru dengan Pop Smokey Eyes