Sukses

5 Bagian Smartphone yang Mudah Kotor dan Cara Membersihkannya

Liputan6.com, Jakarta - Bakteri bisa berada di berbagai tempat dan benda, termasuk pada smartphone. Mengingat smartphone sering digunakan dan dibawa ke berbagai tempat, tentunya menjadi lebih cepat kotor dan pada akhirnya bisa menjadi "rumah" bagi bakteri.

Kondisi smartphone yang kotor tidak menutup kemungkinan akan berdampak pada kesehatan penggunanya. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat menggunakannya, terutama bagian yang mudah kotor.

Berikut lima bagian smartphone yang cepat kotor dan cara membersihkannya sehingga aman digunakan.

1. Layar Smartphone

Layar merupakan bagian smartphone yang paling banyak bersinggungan dengan tubuh saat digunakan. Layar smartphone yang kotor dapat disebabkan oleh sidik jari, bahkan minyak wajah yang menempel saat digunakan untuk menelepon.

Untuk membersihkan layar, kalian perlu menggunakan kain microfiber yang memiliki tekstur lembut. Basahi kain dengan sedikit air, lalu usapkan pada layar dengan cara memutar. Berikan sedikit tekanan pada noda yang susah dihilangkan.

2. Bodi Smartphone

Bodi smartphone sering bersentuhan dengan berbagai macam permukaan. Tentu akan sulit untuk menghilangkan noda pada bagian ini. Umumnya, noda tinta pulpen sering membuat bodi menjadi kotor.

Kamu perlu menggunakan minyak kayu putih atau hand sanitizer. Usapkan secara memutar hanya pada bagian yang kotor. Ulangi hingga noda perlahan menghilang. Terakhir, usapkan kain microfiber yang telah dibasahi untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih dan hand sanitizer.

 

1 dari 3 halaman

Seluruh Port

3. Lubang pada Smartphone

Debu halus umumnya menumpuk pada bagian lubang audio, charging, microphone dan speaker. Untuk membersihkannya, kalian harus berhati-hati agar tidak terjadi kerusakan. Gunakan cotton buds kering atau kapas untuk membersihkan debu pada lubang smartphone.

Samsung Galaxy S8 Samsung Galaxy S8 - Audio Jack Port 3.5 mm, USB Type C Port, dan Speaker Grill di Bodi Bawah. Liputan6.com/Iskandar

Jangan menggunakan cairan pembersih rumah tangga untuk membersihkan bagian ini, karena reaksinya yang kuat dapat merusak smartphone. Tambahkan saja sedikit air dan alkohol pada tumpukan debu yang membandel.

4. Casing Tambahan Smartphone

Casing tambahan memang berfungsi melindungi dan membuat smartphone tidak mudah kotor. Namun, bukan berarti casing tidak jadi sarang debu dan bakteri. Sesekali kalian juga perlu membersihkannya.

Sama seperti bodi dan lubang smartphone, kalian bisa membersihkannya menggunakan kain microfiber dan cotton buds. Bersihkan bodi casing dengan kain microfiber yang telah dibasahi. Mengenai bagian yang sulit dijangkau, kalian bisa menggunakan cotton buds untuk membersihkannya.

2 dari 3 halaman

Earphone

5. Earphone, Headset, dan Headphone

Bagi kalian yang suka mendengarkan musik, tentu tidak bisa lepas dari benda yang satu ini. Sama seperti bagian lain, earphone sebagai aksesoris smartphone pun bisa menjadi "sarang" bakteri karena sering digunakan. Hal ini juga berlaku untuk aksesori lain, seperti headset dan headphone.

Debu dan kotoran yang menumpuk bisa jadi sangat berisiko. Bersihkan lubang menggunakan cotton buds atau kapas. Buat pengguna earphone, jangan ragu untuk mengganti earbuds jika yang lama sudah kotor.

Semoga lima tips ini bisa membantu kalian untuk membersihkan smartphone. Selamat mencoba!

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Waspadai Bahaya yang Tersembunyi di Sebuah Dispenser...