Sukses

Bermasalah Lagi, Suara Speaker iPhone X Berdengung

Liputan6.com, Jakarta - iPhone X banyak mendapat perhatian saat diluncurkan 3 November 2017. iPhone yang dijual paling murah Rp 16 jutaan ini merupakan iPhone pertama yang memiliki layar OLED dengan desain bezeless.

Selain itu, Apple juga menyematkan fitur keamanan baru yakni Face ID serta sistem operasi terbaru iOS 11.

Meskipun hadir dengan sejumlah fitur terbaru, sejumlah pengguna iPhone X mengalami beberapa permasalahan pada perangkatnya. Misalnya saja ada garis hijau pada sejumlah layar OLED iPhone X.

Apple pun menyebut, pengguna yang layar perangkatnya mengalami masalah di atas akan mendapatkan perbaikan gratis.

Sayangnya, menurut informasi yang dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Senin (13/11/2017), hal ini bukan masalah satu-satunya yang dialami pengguna iPhone X.

Berdasarkan laporan pengguna di Reddit dan Twitter, sejumlah iPhone X mengeluarkan suara berdengung dan berderak yang ke luar dari lubang speaker.

Menurut laporan tersebut, suara berdengung itu terdengar jelas terutama saat volume iPhone X dinaikkan, bahkan hal ini terjadi pada berbagai situasi. Misalnya saja saat perangkat digunakan untuk bermain dan penggunaan multimedia, hingga saat speaker dinyalakan.

Sebenarnya, saat diluncurkan, iPhone X juga mengalami masalah suara serupa, namun terjadi saat pengguna melakukan panggilan suara. Saat itu Apple menyelesaikan masalah ini dengan memperbarui iOS.

Meski terdengar cukup serius, masalah ini tampaknya hanya terjadi pada sejumlah iPhone X. Pengguna yang terdampak pun disarankan agar pengguna segera menghubungi pihak Apple jika masalah seperti ini terjadi.

1 dari 3 halaman

Masalah Layar Hijau

Shalin Mobi, dari India, berteriak setelah menjadi orang pertama yang membeli iPhone X di toko Apple Union Square di San Francisco (3/11). (AP Photo / Eric Risberg)

Kehadiran iPhone X di pasar tidak berjalan begitu mulus. Setidaknya ada satu masalah yang cukup menggangu yaitu kemunculan garis hijau tegak lurus pada layar iPhone X.

Dilansir Phone Arena, beberapa pengguna iPhone X melihat ada garis berwarna hijau di sisi kanan atau kiri pada panel OLED smartphone tersebut.

Diduga ada masalah dengan sistem kelistrikan iPhone X, sehingga menyebabkan garis hijau bermunculan pada layar. Garis itu berbentuk lurus mulai dari sisi atas hingga bawah layar.

Para pengguna yang mengalami masalah tersebut segera membawa smartphone mereka ke Apple Store. Berdasarkan keterangan sejumlah pengguna, garis hijau itu bukan sebuah masalah yang bisa diselesaikan dengan pembaruan software. Beruntung, pihak Apple bersedia menggantikan iPhone X yang bermasalah itu dengan unit baru.

Sejauh ini diketahui sebanyak 25 pemilik iPhone X mengunggah gambar smartphone mereka yang bermasalah itu di media sosial dan laman dukungan pelanggan Apple.

"Saya sedang menggunakan ponsel baru ini dan tiba-tiba hal ini terjadi (muncul garis hijau). Warnanya sangat terang dan berada di sisi kanan ponsel saya," tulis salah seorang pemilik iPhone X.

2 dari 3 halaman

iPhone X Untuk Melamar

Kisah pria yang melamar kekasihnya dengan memanfaatkan iPhone kembali terjadi. Kali ini, giliran pria Tiongkok yang melakukan hal tersebut dengan menggunakan iPhone X.

Adalah Chen Ming, pendesain gim asal Shenzen, Tiongkok yang membeli 25 iPhone X untuk digunakan melamar kekasihnya. Lalu, 25 smartphone itu dirangkai membentuk hati dengan beralaskan kelopak bunga mawar.

Agar rencana itu berhasil, Chen meminta bantuan teman-temannya. Kekasih Chen yang diketahui bernama Lee tak menduga mendapat kejutan tersebut dan sembari menangis ia pun menerima lamaran itu.

Dikutip dari ET Today, Senin (13/11/2017), iPhone X sendiri dipilih karena Chen dan pacarnya merupakan penggemar berat dari gim mobile. Keduanya juga pertama kali bertemu melalui gim yang dikembangkan oleh Chen.

Setelah itu, gim telah menjadi bagian penting dari kehidupan hubungan mereka berdua. Chen memilih angka 25 karena itu menandakan umur sang kekasih.

Lalu, bagaimana dengan 25 iPhone X yang sudah digunakan untuk proses lamaran tersebut? Ternyata, Chen membagikan perangkat itu pada teman-teman yang membantu proses lamaran unik itu.

Kisah ini juga menjadi viral di media sosial Tiongkok. Namun di balik kisah unik ini, hal lain yang menarik adalah biaya yang harus dikeluarkan sang pria untuk membeli produk terbaru Apple tersebut.

Sebagai informasi, iPhone X dibanderol sekitar 8.388 yuan atau sekitar Rp 17 juta di pasar Tiongkok. Dengan kata lain, ia harus merogoh kocek sekitar Rp 425 juta untuk mempersiapkan proses lamaran ini.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Essential Phone Ternyata Paling Sulit Diperbaiki
Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut